Tempat Usaha Ngeyel, Siap-Siap Ditempeli Stiker Tak Patuh Protokol Kesehatan

Ilustrasi. - Freepik
06 Oktober 2020 22:27 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bantul telah menyiapkan stiker yang akan ditempel di tempat usaha yang belum menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Sebelum ditempeli stiker, kami akan peringatkan dulu untuk menerapkan protokol kesehatan,” kata Kepala Satpol PP Bantul, Yulius Suharta, Selasa (6/10/2020).

Saat ini pihaknya baru mengecek lokasi usaha secara bertahap di beberapa titik. Hasil pengecekan tersebut masih ditemukan beberapa tempat usaha belum mematuhi protokol kesehatan. Ia mencontohkan ada toko swalayan yang sudah menyediakan tempat cuci tangan namun airnya tidak ada.

Ada juga toko modern saat dicek ternyata di dalamnya banyak pengunjung berdekatan dan tidak ada petugas dari pihak toko yang mengingatkan, “Seharusnya ada petugas jaga di depan toko melarang masuk pengunjung jika pengunjung di dalam toko masih banyak dan sulit jaga jarak,” kata Yulius.

“Ada juga pengunjung yang menggunakan masker tidak benar dan tidak diingatkan pihak toko,” lanjut dia.

Yulius mengaku tim gabungan sudah mengingatkan pelanggaran protokol kesehatan tersebut dan akan mengecek kembali di kemudian hari. “Jika masih ditemukan pelanggaran serupa kami akan tempel stiker bertuliskan toko ini tidak patuh protokol kesehatan,” ujar Yulius.

Ia berharap semua tempat usaha juga membuat papan informasi atau tulisan kewajiban mentaati protokol kesehatan seperti mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, seperti yang sudah dilakukan di apotek-apotek bahwa yang tidak mengenakan masker tidak akan dilayani.

Mantan Camat Pajangan ini sengaja mendahulukan peringatan dahulu sebelum penempelan stiker dengan alasan supaya tidak terlalu meresahkan. Sebab selain harus mewadpadai Covid-19, saat bersamaan ekonomi juga harus tetap jalan.

Yulius juga meminta partisipasi masyarakat untuk sama-sama menekan penularan Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan menjadi bagian dari pola hidup yang harus selalu dijalankan minimal selalu membawa dan mengenakan masker kemana pun pergi, selalu mencuci tangan, dan menjaga jarak aman saat bertemu orang lain.