Diskominfo DIY Bantu Akses Internet Bagi Pelajar

Pembagian voucher internet gratis. - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara.
08 Oktober 2020 21:47 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Dinas Komunikasi dan Informatika DIY memberikan bantuan berupa voucher internet kepada para pelajar di Dusun Taruban Kulon, Kalurahan Tuksono, Kapanewon Sentolo, Rabu (7/10/2020). Bantuan itu dalam rangka menunjang kegiatan belajar daring yang diberlakukan selama masa pandemi Covid-19.

"Melalui bantuan ini kami berharap dapat menunjang kegiatan belajar daring selama masa pandemi Covid-19," ucap Kasi Penyelengaraan Komunikasi Publik, Diskominfo DIY, Wiwik Lestari Ningrum usai penyerahan bantuan, Rabu siang.

Wiwik menjelaskan bantuan disalurkan kepada 16 pelajar tingkat SD sampai dengan SMP di Dusun Taruban. Di samping memberikan bantuan voucher, Diskominfo DIY juga mengadakan sosialisasi tentang penggunaan internet yang baik dan benar. Para pelajar diajak untuk bijak bermain sosial media dan menghindari konten-konten negatif yang ada di dunia maya. Setelah itu anak-anak diajak untuk melihat langsung mobil mobile community Acces Point (M-CAP) yang dibawa Diskominfo DIY.

M-CAP sendiri adalah fasilitas layanan bergerak untuk memberikan pembelajaran bagi warga masyarakat, dengan menyediakan akses informasi dan pengetahuan berbasis internet yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Kepala Bidang IKP, Diskominfo DIY, Rahmat Sutopo mengatakan penyaluran bantuan ini bekerjasama dengan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Nyi Ageng Serang, Sentolo. Kelompok binaan Diskominfo itu memang bertugas untuk membantu setiap kegiatan penyampaian informasi dari pemerintah kepada masyarakat, termasuk saat masa pandemi seperti saat ini.

"Kita kerjasamakan dengan KIM karena KIM adalah mitra strategis Kominfo dalam upaya diseminasi informasi termasuk pada saat pandemi seperti sekarang," ujarnya.

Lurah Tuksono, Zainuri, yang hadir dalam kegiatan itu mengucapkan terimakasih kepada Diskominfo DIY. Dia mengatakan selama pandemi Covid-19, kegiatan belajar online di Tuksono mengalami kendala salah satunya adalah sulitnya sinyal. Oleh karena itu dengan adanya bantuan ini, menururnya dapat membantu anak-anak pelajar demi kelancaran belajar daring tersebut.

"Kami ucapkan terimakasih atas bantuan kuota internet dan sosialisasi bimbingan internet ini. Ke depan kami dari Tuksono mengharapkan ada program-program serupa, salah satunya pemberdayan KIM Nyi Ageng Serang agar kinerjanya lebih baik lagi," ujarnya.

Senada disampaikan Ketua KIM Nyi Ageng Serang Zazin Sulaiman. Pihaknya berterimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Diskominfo DIY. KIM sendiri kata Zazin berencana membuat kampung digital yang mana dapat mengakomodir warga perihal akses internet. "Diharapkan Diskominfo bisa membantu realisasi rencana ini," ujarnya.

Selain di Tuksono, Diskominfo DIY juga memberikan bantuan serupa kepada  Komunitas Sesaba Adikarta, yang merupakan salah satu komunitas sejarah di Kulonprogo. Penyaluran bantuan itu yang di kawasan Alun-alun Wates, Kulonprogo ini diharapkan dapat membantu aktivitas Sesaba Adikarta dalam menunjang diskusi online soal sejarah Kulonprogo selama pandemi Covid-19.