Tahan Penyebaran Droplet dengan Pakai Masker

Ingat Pesan Ibu, Jangan Lupa Pakai Masker. - Harian Jogja/Dok
13 Oktober 2020 22:07 WIB Lajeng Padmaratri Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Di era adaptasi kebiasaan baru ini, masyarakat kembali dipersilakan beraktivitas dan menjalankan roda perekonomian. Hal itu membuat kontak antara satu manusia dengan manusia lain tak terhindarkan.

Bupati Sleman, Sri Purnomo meminta masyarakat untuk beraktivitas dengan menggunakan masker. Tak hanya untuk mencegah diri sendiri tertular virus, pemakaian masker dengan benar juga akan menolong orang lain.

"Dengan memakai masker jelas bisa menyelamatkan diri sendiri sekaligus juga memberi keselamatan bagi orang lain," kata Sri, beberapa waktu lalu.

Pasalnya dengan adanya penularan virus pada orang tanpa gejala (OTG), penggunaan masker bisa meminimalkan penularan lantaran menahan penyebaran droplet. Pencegahan ini akan lebih maksimal ketika masker yang digunakan memiliki tiga lapisan.

"Ketika ada dua orang berkomunikasi lalu salah satunya batuk atau bersin, dia akan mengeluarkan partikel droplet. Kalau dia OTG, di droplet-nya bisa mengandung virus yang bisa menyebar ke orang lain. Maka dengan memakai masker, droplet itu bisa tertahan oleh masker sehingga penularan bisa diantisipasi," ucap dia.

Bersama jajaran Pemkab Sleman, dia terus berupaya mengedukasi masyarakat dalam setiap kesempatan supaya penggunaan masker bisa terbentuk menjadi kebiasaan. "Terus kami edukasi, tidak boleh berhenti. Kalau ada satu-dua yang belum sadar pakai makser dengan benar, kita terus beri edukasi bahwa masker sangat penting," kata dia.