Advertisement

Tahan Penyebaran Droplet dengan Pakai Masker

Lajeng Padmaratri
Selasa, 13 Oktober 2020 - 22:07 WIB
Budi Cahyana
Tahan Penyebaran Droplet dengan Pakai Masker Ingat Pesan Ibu, Jangan Lupa Pakai Masker. - Harian Jogja/Dok

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Di era adaptasi kebiasaan baru ini, masyarakat kembali dipersilakan beraktivitas dan menjalankan roda perekonomian. Hal itu membuat kontak antara satu manusia dengan manusia lain tak terhindarkan.

Bupati Sleman, Sri Purnomo meminta masyarakat untuk beraktivitas dengan menggunakan masker. Tak hanya untuk mencegah diri sendiri tertular virus, pemakaian masker dengan benar juga akan menolong orang lain.

Advertisement

"Dengan memakai masker jelas bisa menyelamatkan diri sendiri sekaligus juga memberi keselamatan bagi orang lain," kata Sri, beberapa waktu lalu.

Pasalnya dengan adanya penularan virus pada orang tanpa gejala (OTG), penggunaan masker bisa meminimalkan penularan lantaran menahan penyebaran droplet. Pencegahan ini akan lebih maksimal ketika masker yang digunakan memiliki tiga lapisan.

"Ketika ada dua orang berkomunikasi lalu salah satunya batuk atau bersin, dia akan mengeluarkan partikel droplet. Kalau dia OTG, di droplet-nya bisa mengandung virus yang bisa menyebar ke orang lain. Maka dengan memakai masker, droplet itu bisa tertahan oleh masker sehingga penularan bisa diantisipasi," ucap dia.

Bersama jajaran Pemkab Sleman, dia terus berupaya mengedukasi masyarakat dalam setiap kesempatan supaya penggunaan masker bisa terbentuk menjadi kebiasaan. "Terus kami edukasi, tidak boleh berhenti. Kalau ada satu-dua yang belum sadar pakai makser dengan benar, kita terus beri edukasi bahwa masker sangat penting," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement