Advertisement

Lantai Jalur Pedestrian Malioboro Dipoles

Catur Dwi Janati
Senin, 19 Oktober 2020 - 19:37 WIB
Bhekti Suryani
Lantai Jalur Pedestrian Malioboro Dipoles nSejumlah pesepeda berswafoto dengan latar belakang kawasan pedestrian Malioboro, Jogja, Minggu (7/6/2020). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemolesan lantai teraso pedestrian Malioboro mulai dikerjakan. Pengerjaan proyek ini dilakukan untuk mempercantik lantai teraso yang telah kotor.

Kepala UPT Malioboro, Ekwanto menerangkan proyek pemolesan lantai teraso pedestrian Malioboro telah dilakukan kurang lebih sepekan yang lalu. Seharusnya pelaksanaan pemolesan dilakukan tepat pada hari yang sama dengan demonstrasi UU Ciptaker di depan DPRD DIY. "Habis ada demo itu langsung dimulai [pengerjaan], harusnya waktu demo itu," terangnya pada Senin (19/20/2020). Pemolesan ini merupakan bagian dari kegiatan pemeliharaan yang dilakukan Pemkot Jogja.

Advertisement

BACA JUGA: Buruh Harus Tahu! Ini 64 Komponen Hidup Layak 2020 yang Ditetapkan Menaker

Lantai teraso yang dipoles dimulai dari titik pojok Hotel Ina Garuda pada zona satu sampai depan Malioboro Mall. Dijelaskan Ekwanto jika pemolesan dilakukan secara bertahap atau per penggal. Pemolesan hanya dikerjakan pada pedestrian sisi timur saja. "[Pedestrian] yang timur saja, kalau barat masih baru tahap terakhir pembangunan," terangnya.

Selain itu penggrapan pembersihan lantai teraso tahun ini dilakukan di zona satu sisi timur kader lokasi tersebut didominasi dagangan kuliner. Menurut pengamatan Ekwanto beberapa percikan minyak, teh, atau kopi dari para pedagang meresap ke pori-pori teraso sehingga susah dibersihkan. "Enggak bisa dengan pembersih biasa," ujarnya.

Selama proyek pemolesan lantai teraso pedagang diliburkan. Pemolesan dibagi dalam empat penggal sehingga libur pedagang juga bertahap. Proyek ini memiliki PAGU paket anggaran senilai Rp421 juta. Awal Desember ditargetkan pemolesan lantai teraso selesai. "Setelah selesai harapannya tempat kompor atau memanaskan [makanan] kami minta dilapisi perlak supaya cipatran maupun tumpahan tidak langsung ke lantai," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement