Lantai Jalur Pedestrian Malioboro Dipoles

nSejumlah pesepeda berswafoto dengan latar belakang kawasan pedestrian Malioboro, Jogja, Minggu (7/6/2020). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
19 Oktober 2020 19:37 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Pemolesan lantai teraso pedestrian Malioboro mulai dikerjakan. Pengerjaan proyek ini dilakukan untuk mempercantik lantai teraso yang telah kotor.

Kepala UPT Malioboro, Ekwanto menerangkan proyek pemolesan lantai teraso pedestrian Malioboro telah dilakukan kurang lebih sepekan yang lalu. Seharusnya pelaksanaan pemolesan dilakukan tepat pada hari yang sama dengan demonstrasi UU Ciptaker di depan DPRD DIY. "Habis ada demo itu langsung dimulai [pengerjaan], harusnya waktu demo itu," terangnya pada Senin (19/20/2020). Pemolesan ini merupakan bagian dari kegiatan pemeliharaan yang dilakukan Pemkot Jogja.

BACA JUGA: Buruh Harus Tahu! Ini 64 Komponen Hidup Layak 2020 yang Ditetapkan Menaker

Lantai teraso yang dipoles dimulai dari titik pojok Hotel Ina Garuda pada zona satu sampai depan Malioboro Mall. Dijelaskan Ekwanto jika pemolesan dilakukan secara bertahap atau per penggal. Pemolesan hanya dikerjakan pada pedestrian sisi timur saja. "[Pedestrian] yang timur saja, kalau barat masih baru tahap terakhir pembangunan," terangnya.

Selain itu penggrapan pembersihan lantai teraso tahun ini dilakukan di zona satu sisi timur kader lokasi tersebut didominasi dagangan kuliner. Menurut pengamatan Ekwanto beberapa percikan minyak, teh, atau kopi dari para pedagang meresap ke pori-pori teraso sehingga susah dibersihkan. "Enggak bisa dengan pembersih biasa," ujarnya.

Selama proyek pemolesan lantai teraso pedagang diliburkan. Pemolesan dibagi dalam empat penggal sehingga libur pedagang juga bertahap. Proyek ini memiliki PAGU paket anggaran senilai Rp421 juta. Awal Desember ditargetkan pemolesan lantai teraso selesai. "Setelah selesai harapannya tempat kompor atau memanaskan [makanan] kami minta dilapisi perlak supaya cipatran maupun tumpahan tidak langsung ke lantai," tegasnya.