Advertisement

Layanan BPJS Kesehatan di Masa Pandemi Dipermudah

Herlambang Jati Kusumo
Sabtu, 24 Oktober 2020 - 06:27 WIB
Budi Cahyana
Layanan BPJS Kesehatan di Masa Pandemi Dipermudah Kegiatan Media Workshop dan Anugerah Karya Jurnalistik BPJS Kesehatan 2020 yang dilakukan secara daring, Jumat (23/10/2020). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memberi kemudahan kepada masyarakat memperoleh layanan kesehatan di tengah pandemi Covid-19 melalui berbagai layanan daring.

Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari mengatakan sampai dengan Kamis (1/10/2020), peserta layanan Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah mencapai 83% dari penduduk Indonesia atau telah mencapai 223.059.270 jiwa. Guna memberikan layanan yang baik pada masyarakat tersebut BPJS Kesehatan menerapkan berbagai inovasi.

Advertisement

“BPJS Kesehatan diberi mandat tidak mencari keuntungan tetapi memberikan layanan yang berkelanjutan. BPJS Kesehatan terus menerus meningkatkan inovasi layanan untuk peserta,” ucap Andayani dalam Media Workshop dan Anugerah Karya Jurnalistik BPJS Kesehatan 2020 yang dilakukan secara daring, Jumat (23/10/2020).

Di tengah pandemi Covid-19 ini, BPJS Kesehatan terus berupaya memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat. Perilaku masyarakat yang banyak berubah menggunakan teknologi digital pun direspon oleh BPJS Kesehatan. 

Andayani menjelaskan berbagai inovasi layanan yang telah dilakukan seperti halnya dengan layanan Mobile JKN. Di dalam aplikasi tersebut ada layanan pemindaian mandiri Covid-19, yang dapat melihat apakah dalam kondisi aman atau tidak.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan indeks kepuasan peserta JKN dari 2014 ke 2019 telah mengalami peningkatan.

Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional Unsur Tokoh/Ahli, Muttaqien, menuturkan JKN telah memberi manfaat kepada rakyat Indonesia, tapi masih harus terus diperbaiki. Salah satu bukti JKN hadir untuk masyarakat, yaitu JKN sangat membantu pasien dialisis dari 2014 ke 2018. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement