Advertisement

Festival Musik Tembi 2020 Siap Digelar

Media Digital
Senin, 26 Oktober 2020 - 17:17 WIB
Budi Cahyana
Festival Musik Tembi 2020 Siap Digelar Festival Musik Tembu 2020 - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Festival Musik Tembi (FMT) 2020 siap digelar pada 26 – 31 Oktober 2020, selain akan diselenggarakan secara daring, dengan mengusung tema “Kembul Tumandhang” konsep dan program FMT tahun ini dititikberatkan pada proses kreatif bekerja secara bersama-sama dan menggali isu lokal tentunya dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Adapun program-program tahun ini adalah Musik Tradisi Baru (MTB) yang setiap tahunnya berproses menggali kekayaan Nusantara melalui elemen musik tradisi Indonesia untuk mencari kemungkinan-kemungkinan musik tradisi baru di Indonesia. Tahun ini MTB muncul dengan konsep yang berbeda menyesuaikan dengan situasi dan kondisi pandemi Covid-19.

Advertisement

Setelah dibuka pendaftaran pada Agustus lalu, sebanyak 31 karya diterima dari berbagai kota di Indonesia, karya tersebut kemudian dikurasi sehingga terpilih lima kelompok antara lain Komunitas Sing Seni (Bali), Cenglu (Surakarta, Jawa Tengah), Jaya Dwara Percussion (Sumedang, Jawa Barat), njong (Tegal, Jawa Tengah), Bencoolen Dhol (Sanggar Seni Hentak Muharram Bencoolen Art) (Bengkulu).

Yopei Edho selaku Ketua Forum Musik Tembi (fombi) mengatakan tahun ini FMT menerima paling banyak karya MTB dari tahun-tahun sebelumnya. “Kami sangat senang melihat antusias para pelaku musik tradisi, karena festival ini dilakukan daring jadi ruang yang diberikan menjadi lebih luas dan tak terbatas ruang dan waktu,” paparnya.

Program Panggung Terbuka Daring disediakan untuk musisi (individu, kelompok musik) tanpa sekat genre. Tahun ini FMT menghadirkan kelompok musik Jatiraga dari Yogyakarta, Bottlesmoker dari Bandung dan Lair dari Jatiwangi. Kelompok tersebut dihadirkan karena mereka membawa dan menggali isu-isu lokal dan Nusantara yang dituangkan dalam karya-karya mereka.

Program lain yang bisa disaksikan adalah Studio Visit Performance yang akan menghadirkan kelompok musik Anteng Kitiran, Bincang Musik, Bedah Karya dan Bincang Karya MTB 2020 bersama dengan Pengamat Musik yaitu Rizaldi Siagian, Franz Sartono, dan Erie Setiawan. Keseluruhan informasi acara Festival dan program dapat diakses dikanal media sosial berikut : Instagram @fombi_, Fanpage FMT 2020, Twitter @fombi_, dan Youtube Forum Musik Tembi. (Adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement