Inovasi Baru Taman Pintar Jogja, Keliling Secara Virtual

Pemandu membimbing para pengunjung Taman Pintar yang menikmati berbagai wahana secara virtual melalui Sciensation Tour, Selasa (27/10/2020). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati
28 Oktober 2020 06:27 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Taman Pintar Jogja tak pernah berhenti berinovasi. Di tengah pandemi Covid-19, Taman Pintar Jogja mengajak pengunjung mengelilingi berbagai wahana secara virtual melalui program Sciensation Tour.

Kepala Bidang Pengelolaan Taman Pintar Jogja Afia Rosdiana menjelaskan Sciensation Tour adalah program terbaru Taman Pintar yang memiliki konsep tur secara virtual ke Taman Pintar. Dengan harga Rp12.000, masing-masing pengunjung akan diberi satu akses untuk keliling Taman Pintar secara virtual.

“Program ini bisa untuk grup, rombongan sekolah atau perorangan. Jadi nanti para pengunjung akan berjalan di Taman Pintar dari Gedung Oval hingga ke lantai ketiga,” ungkapnya, Selasa (27/10/2020).

Layanan Sciensation Tour ini buka dari Senin-Sabtu dengan durasi 60 menit: 40 menit waktu berkeliling dan 20 menit sesi tanya jawab.

Menurut Afia, salah satu yang menarik dari suguhan wisata virtual ini adalah pemandu yang mendampingi pengunjung secara langsung sehingga pengunjung tidak hanya menonton video.

Dibuka sejak awal Oktober, Sciensation Tour mendapatkan respons baik dari masyarakat. Banyak pengunjung perorangan maupun rombongan sekolah yang nikmati fasilitas jelajah Taman Pintar secara virtual ini. Sebelumnya pada Oktober berlaku harga promosi Rp6.000 tetapi pada November mendatang akan berlaku harga penuh.

Selain program reguler, pengunjung juga bisa menikmati program tambahan yang berisi fasilitas seperti seperti Live Science Show, Pemutaran Film Sains, dan Science Kit. Afia menjelaskan khusus program tambahan ini pengunjung akan dikirimkan sebuah alat peraga ke rumah masing-masing.

Respons anak sangat luar biasa terhadap program Sciensation Tour. Para pengunjung yang rata-rata anak-anak sangat senang saat diajak berkelilinh Taman Pintar secara virtual. “Ada yang sudah keliling satu kali minta lagi, menarik lagi pas proses tanya jawab. Anak-anak pertanyaannya tak terduga.” tuturnya.