Peringati Sumpah Pemuda, Komunitas Federal & Mapala UPNVY Kibarkan Bendera Raksasa di Imogiri

Bendera merah putih berukuran raksasa di Jembatan Baru, Kedungjati, antara Selopamioro-Sriharjo, Imogiri, Bantul. - Istimewa
29 Oktober 2020 12:47 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Upacara unik dilakukan komunitas sepeda federal, Brayat Kidul, bersama dengan Mapala UPN "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) dan Pemerintah Desa (Pemdes) Sriharjo serta Selopamioro, Kamis (29/10/2020) pagi.

Mereka mengibarkan bendera merah putih berukuran raksasa di Jembatan Baru, Kedungjati, antara Selopamioro-Sriharjo, Imogiri, Bantul. Bendera ini dikibarkan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada Rabu (28/10).

BACA JUGA: Tak Ajukan Bantuan Usaha Mikro, Beberapa Warga Bantul Kaget Peroleh Rp2,4 Juta

Panitia pelaksana kegiatan Anggi Teguh mengatakan kegiatan yang melibatkan 500 anggota komunitas sepeda ini tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kami tetap kedepankan 3 M, yakni Memakai Masker, mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir dan menjaga jarak,” katanya.

Pengibaran bendera diawali dengan 500 anggota komunitas yang berdiri sejajar dan membentuk barisan upacara. Setelah itu, bendera raksasa berukuran 26x16 meter oleh tim empat orang anggota Mapala UPN Veteran diturunkan dari jembatan baru.

BACA JUGA: Viral Wisata Esktrem Naik Layangan Raksasa, Ini Reaksi Satpol PP Bantul...

“Kemudian kami membacakan sumpah pemuda yang sedikit diubah teksnya dengan tujuan menggugah kesadaran bersama untuk tetap melestarikan sungai,” ujar dia.

Panitia juga terus menyosialisasikan kegiatan  aman berkegiatan di kawasan sungai dengan memasang alat pertolongan sederhana berupa 'jligen lempar' dan poster keselamatan sungai di wisata sungai Srikeminut dan Selopamioro Adventure Park.

“Harapannya, timbul kesadaran untuk merawat dan melestarikan sungai serta berkegiatan yang aman di kawasan sungai,” ucapnya.