Bandara YIA Jadi Panggung Konser Once dan Shaggydog

Once Mekel tampil dalam konser virtual yang diselenggarakan PT Angkasa Pura I di Bandara Yogyakarta Internasional (YIA) dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda pada Rabu (28/10/2020) malam. - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri
29 Oktober 2020 12:37 WIB Lajeng Padmaratri Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, TEMON - PT Angkasa Pura I menggelar konser virtual dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda pada Rabu (28/10/2020). Dua musisi kenamaan Tanah Air, Once Mekel dan Shaggydog, tampil dalam konser ini.

Konser yang digelar di terminal keberangkatan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) ini diselenggarakan dengan menaati protokol kesehatan yang berlaku. Kendati penonton tidak dapat menyaksikan gelaran konser secara langsung, siarannya dapat disaksikan masyarakat secara langsung melalui kanal YouTube Angkasa Pura I.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I, Devy Wildasari menuturkan agenda ini digelar sebagai wujud pembuktian bahwa pandemi Covid-19 tidak menjadi halangan bagi ide-ide kreatif. "Malam ini kita selenggarakan perayaan Sumpah Pemuda dengan cara kreatif. Kita ingin sampaikan bahwa kita bisa berkreasi meskipun sedang dalam kondisi pandemi," kata Devy kepada wartawan pada Rabu malam di sela konser.

Baca Juga: Ini Alasan Putra Bungsu Jenderal Soedirman Bergabung di Pemuda Pancasila

Menurutnya, konser virtual ini menjadi yang pertama kali terselenggara di bandara Angkasa Pura I. Alasan pemilihan lokasi konser di YIA sendiri menurut Devy lantaran setiap sudut YIA mencerminkan Jogja yang penuh nuansa seni dan budaya. "Bandaranya bagus, setiap sudut mencerminkan Jogja," ujarnya.

Ia merinci terdapat kurang lebih 15 karya seni yang menghiasi beberapa titik di YIA. Dari 15 karya seni itu, ada lima karya seni dinamai dengan lima nama desa yang terdampak pembangunan YIA, yaitu Sindutan, Palihan, Kebonrejo, Jangkaran, dan Glagah. Kemudian 10 karya seni lainnya yang berupa patung dan relief tersebar dari pintu masuk hingga area terminal keberangkatan.

Ia melanjutkan, YIA juga memiliki ruang yang luas dan sangat memungkinkan setiap pengunjung menjaga jarak jika ada kegiatan tertentu sehingga protokol kesehatan bisa diterapkan. Dalam perayaan konser virtual ini saja, pihak Angkasa Pura I hanya menghadirkan 40 undangan. "Kita dorong semua orang untuk bergabung dalam konser secara virtual sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan kepada artis dan pengisi acara," imbuh Devy.

Dalam konser ini, dua artis kenamaan ini membawakan lagu-lagu populer mereka. "Dealova" dan "Aku Mau" menjadi dua lagu di antara sejumlah lagu yang dinyanyikan Once Mekel. Grup asal Jogja, Shaggydog juga tak kalah. Ia menampilkan lagu hits-nya yaitu "Di Sayidan" sebagai lagu pamungkas.

Baca Juga: Ini Pengakuan Masing-Masing Kelompok dalam Bentrok Sesama Pemuda Pancasila di Bantul

Untuk selanjutnya, Angkasa Pura I siap untuk mewadahi kegiatan seni dan budaya bagi masyarakat selama mematuhi tata aturan dan protokol kesehatan yang berlaku. Sebab, pihak manajemen YIA baru saja menerbitkan panduan penyelenggaraan untuk pengisi acara seni di bandara.

"Kami akan pastikan pengisi acaranya aman, penumpang aman, pengunjung bandara juga aman," tegas Devy.

Senada, PTS General Manager YIA Agus Pandu Purnama memastikan penerapan protokol kesehatan di YIA selalu ketat untuk memastikan seluruh pihak aman dari penularan Covid-19. "Walaupun sudah mulai ramai, jaminan protokol kesehatannya kita pastikan ketat. Publik harus punya rasa percaya diri untuk mengakses bandara YIA," ujarnya.