Relawan Kebencanaan Bagikan Masker Kepada Wisatawan

Ingat Pesan Ibu, Jangan Lupa Pakai Masker. - Antara
31 Oktober 2020 18:17 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-Sejumlah sukarelawan yang tergabung dalam Forum Pengurangan Resiko Becana (FPRB) Bantul bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), kepolisian dan TNI membagikan 2.000 masker dan hand sanitizer kepada wisatawan di Pantai Parangtritis, Bantul, Sabtu (31/10/2020).

Pembagian masker dan hand sanitizer dipusatkan di Parangtritis karena Parangtritis merupakan salah satu objek wisata yang paling ramai dan banyak dikunjungi wisatwan selama libur cuti bersama dari 28 Oktober sampai 1 November ini.

“Sebagai relawan kebencanaan kami memiliki tanggung jawab dalam rangka mencegah terjadinya penularan Covid-19 karena Covid-19 ini bagian dari bencana non alam,” kata Ketua FPRB Bantul, Waljito, disela-sela pembagian masker dan hand sanitizer kepada wisatawan.

“Pembagikan masker dan hand sanitizer ini harapan dapat mencegah dan mengurangi penularan Covid-19 di Bantul,” ujar Waljito.

Selain membagian masker dan hand sanitizer, relawan dan sejumlah peronel Satpol PP, kepolisian dan TNI juga memberikan imbauan kepada wisatawan untuk mentaati protokol kesehatan minimal dengan menjalankan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak atau menghindari kerumunan.

Imbauan ini disampaikan langsung dengan mendatangi wisatawan di pinggir pantai. Selain itu imbauan melalui pengeras suara dari Posko SAR Parangtritis juga didengungkan beberapa kali. Dari pantauan lapangan, masih ditemukan sejumlah wisatawan yang tidak mengenakan masker.

Yohanes Bagus, salah satu wisatawan asal Kediri, Jawa Timur, mengaku sebenarnya membawa masker, namun maskernya basah saat bermain air sehingga dilepas. Ia mengapresiasi adanya pembagian masker tersebut sehingga dirinya bersama keluarganya bisa menggunakan masker kembali setelah bermain air di bibir pantai. “Penting banget pembagian masker ini, saya berterima kasih,” ucap Yohanes.