Advertisement

Bantul Diserbu Wisatawan, Jaga Jarak Ambyar

Newswire
Sabtu, 31 Oktober 2020 - 21:07 WIB
Bhekti Suryani
Bantul Diserbu Wisatawan, Jaga Jarak Ambyar Wisatawan memadati Pantai Parangtritis, Sabtu (16/6/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Musim liburan menimbulkan kerumunan wisatawa di sejumlah objek wisata di Bantul.

Sejumlah objek wisata di Kabupaten Bantul diserbu pengunjung selama musim libur panjang ini. Wisatawan sudah mulai tertib menggunakan masker, namun penerapan jaga jarak masih sulit dilakukan.

Advertisement

Komisi A, DPRD DIY, Sabtu (31/10/2020) melakukan kunjungan kerja ke Pantai Gua Cemara, Bantul untuk memantau penerapan protokol kesehatan. Dari hasil pemantauan ini diketahui penerapan protokol kesehaan sudah dilakukan. Pengunjung sudah mulai tertib menggunakan masker, fasilitas untuk cuci tangan dengan sabun juga sudah tersedia.

"Namun jaga jarak ini masih sulit diterapkan. Kami melihat beberapa pengunjung masih berkerumun tanpa menjaga jarak," kata Wakil Ketua Komisi A, DPRD DIY, Suwardi.

Suwardi mengimbau para pelaku wisata di Pantai Gua Cemara mulai dari Pokdarwis hingga Sar Satlinmas terus menggencarkan kampanye 3 M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak). "Kami mengimbau kampanye protokol kesehatan terus disampaikan ke pengunjung," katanya.

Dalam kesempatan itu Suwardi juge berharap sarana dan prasarana untuk Sarlinmas bisa ditambah. "Tak kalah pentingnya untuk menjaga keselamatan wisatawan dengan menambahan fasilitas untuk Sat Sarlinmas Bantul seperti alat pelampung, mobil ambulance serta peralatan pendukung lain termasuk kemudahan dalam berkomunikasi karena di sini sulit sinyal," terangnya.

Sementara itu dalam waktu yang hampir bersamaan, Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Bantul, Tim Sar Satlinmas Wilayah III, Polres Bantul dan TNI menggelar sosialisasi di risiko penularan Covid-19 di Pantai Parangtritis. Dalam kesempatan itu tim gabungan ini membagikan ribuan masker dan hand sanitizer kepada wisatawan.
BACA JUGA:
Aktivitas Gunung Merapi Meningkat, Radius 3 KM dari Puncak Wajib Kosong

"Kami tidak ingin objek wisata yang dikunjungi ribuan orang ini menjadi klaster baru penularan Covid-19," terang Ketua FPRB Kabupaten Bantul, Waljito.

Tak hanya melakukan pembagian masker dan hand sanitizer saja, tim gabungan juga memberikan sosialisasi dengan menggunakan pengeras suara dan mengingatkan wisatawan untuk tidak lengah dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Untuk diketahui, berdasarkan data yang disampaikan Dinas Pariwisata Bantul pada Jumat (30/10/2020) kemarin di sepanjang kawasan pantai selatan dikunjungi oleh 9.710 wisatawan.

Artikel ini telah tayang di iNews.id berjudul "Objek Wisata di Bantul Diserbu Pengunjung, Jaga Jarak Sulit Diterapkan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : iNews.id

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

2 Pesawat Penerbangan Sipil Ini Langsung Putar Haluan Hindari Serangan Israel ke Iran

News
| Jum'at, 19 April 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement