UNU Jogja Akan Bangun Kampus Baru di Gamping

Kepala Cabang Askrindo Jogja, Azhari Nur Kusuma (kanan) memberikan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada Rektor UNU Yogyakarta, Purwo Santoso (tengah) di kampus UNU Jl. Lowano, Kapanewon Umbulharjo, Jogja, Kamis (5/11/2020). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi.
05 November 2020 22:17 WIB Hafit Yudi Suprobo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Guna mendukung kualitas pembelajaran, Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Jogja tengah berupaya untuk membangun gedung kampus barunya yang nanti berlokasi di Banyuraden, Gamping, Sleman. Pembangunan sendiri rencananya akan dimulai pada 2021 oleh Kementerian PUPR.

Rektor UNU Jogja Profesor Purwo Santoso mengatakan rencana pembangunan gedung kampus baru adalah mimpi besar UNU Jogja untuk berkhidmat kepada Indonesia melalui kehadiran kampus di bawah PBNU ini.

"Kami di bawah PBNU bukan yayasan, kami punya komitmen untuk membawa nama besar dan nama baik Nahdhatul Ulama. Oleh karena itu, UNU Jogja hadir," ujar Purwo Santoso saat dikonfirmasi pada Kamis (5/11/2020).

Lebih lanjut, dalam merealisasikan gedung kampus baru UNU Jogja yang bakal berlokasi di Gamping, Sleman tersebut, Purwo mengakui jika pihaknya terkendala soal anggaran. "Untuk bisa menggambar [gedung kampus baru] juga kita tidak punya anggaran. Kami sedang menuntaskan proses memenuhi syarat untuk bisa e biding. Dan untuk e biding itu kita minta bantuan sana sini. Termasuk kepada Askrindo," sambung Purwo.

Nantinya, gedung kampus baru milik UNU Jogja tersebut rencananya akan memiliki sembilan lantai dan bakal menjadi laboratorium digital insan kreatif dari seluruh Indonesia.

Lebih lanjut, bantuan yang diberikan oleh Askrindo kepada UNU Jogja kali ini yang hanya sebatas corporate social responsibility (CSR), ke depannya diharapkan akan berkembang menjadi kerjasama bisnis ke bisnis (b2b).

"Ini masih fase awal ya, kerjasama kedepannya diharapkan lebih riil dan substantif. Katakanlah jika saat ini levelnya hanya CSR, nah ke depannya kita bicara b2b. Posisi kami saat ini menjadi penerima, tapi suatu saat bisa saling memberi," terang Purwo.

Kepala Cabang Askrindo Yogyakarta Azhari Nur Kusuma mengatakan jika dana yang digelontorkan oleh Askrindo untuk UNU Jogja senilai Rp250 juta adalah dalam rangka melaksanakan kewajibannya dalam menjalankan corporate social responsibility.

"Semoga kontribusi dari BUMN bisa bermanfaat dan mungkin ke depannya kerjasama antara Askrindo dan UNU Jogja bisa ditingkatkan kembali," sambung Azhari.

Pihaknya menaruh perhatian besar terhadap SDM yang nantinya akan dihasilkan oleh UNU Jogja sebagai penerus bangsa. Bantuan dari Askrindo juga merupakan dukungan dana menyambut dibangunnya gedung kampus baru UNU Jogja.

"Semoga kerjasama antara UNU Jogja dan Askrindo bisa meningkat menjadi kerjasama b2b. Karena selama ini kita juga ikut mendukung proyek strategis nasional dalam hal penjaminannya baik itu penjaminan kontraktor dan pengadaan dananya dari perbankan," katanya.