Advertisement

KABAR KAMPUS: PMSD Jadi Fakultas Vokasi USD

Lajeng Padmaratri
Kamis, 05 November 2020 - 09:57 WIB
Budi Cahyana
KABAR KAMPUS: PMSD Jadi Fakultas Vokasi USD Penyerahan salinan SK Mendikbud tentang Izin Penyatuan Politeknik Mekatronika Sanata Dharma ke dalam Universitas Sanata Dharma menjadi Fakultas Vokasi oleh Kepala LLDIKTI kepada Pengurus Yayasan Sanata Dharma di Ruang Seminar Auditorium Driyarkara, Rabu (4/11/2020). - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Setelah sekitar delapan tahun terpisah, Politeknik Mekatronika Sanata Dharma (PMSD) kembali bersatu ke dalam naungan Universitas Sanata Dharma (USD) menjadi Fakultas Vokasi. Penyatuan ini diharapkan menjadi ujung tombak pengembangan bidang vokasi yang lebih luas.

Penyatuan PMSD ke dalam USD menjadi Fakultas Vokasi ini disetujui oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) melalui SK Mendikbud No. 949/M/2020 tentang Izin Penyatuan Politeknik Mekatronika Sanata Dharma di Kabupaten Sleman ke Universitas Sanata Dharma di Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Yayasan Sanata Dharma.

Advertisement

Salinan SK ini diserahkan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V, Prof. Didi Achjari, kepada Pengurus Yayasan Sanata Dharma di Ruang Seminar Auditorium Driyarkara USD, Rabu (4/11). Acara ini berlangsung dengan protokol Covid-19 yaitu menerapkan jaga jarak dan seluruh hadirin diwajibkan mengenakan masker dan cuci tangan.

Dalam sambutannya, Didi menuturkan penyatuan PMSD ke dalam USD sesuai dengan fokus Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berupaya menyatukan sejumlah perguruan tinggi agar lebih sehat dan berkualitas. "Kami harap dalam proses ini tidak ada yang tertinggal. Tidak hanya selesai dengan seremonial serah terima SK, tetapi pekerjaan rumah yang menanti yakni migrasi data," kata Didi.

Rektor USD, Johanes Eka Priyatma, menambahkan dengan meleburnya PMSD menjadi Fakultas Vokasi USD maka jajarannya tidak menutup kemungkinan untuk membuka prodi vokasi di bidang lain untuk jenjang sarjana maupun pascasarjana.

"Dimungkinkan membuka sarjana terapan atau D4 di bidang Akuntansi, Multimedia, atau yang lainnya karena kerangkanya tidak lagi dibatasi Politeknik Mekatronika, tetapi Fakultas Vokasi. Jadi prodi vokasi bisa satu payung dengan universitas," katanya.

Saat ini PMSD memiliki sekitar 500 mahasiswa dari tiga jurusan, yaitu Prodi D3 Mekatronika, D3 Instrumentasi Medis, dan Prodi D3 Desain Produk. Ketiga prodi ini kemudian bergabung ke dalam USD menjadi Fakultas Vokasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement