Sengkarut Pendataan, Pemkab Sleman Klaim Hanya 31 Kasus Baru Corona Hari Ini

Ilustrasi. - Freepik
18 November 2020 21:47 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Perubahan prosedur laporan pasien positif Covid-19 di rumah sakit menyebabkan terjadi lonjakan kasus baru Covid-19 di Sleman. Satgas Covid-19 DIY menerima laporan untuk Sleman pada Rabu (18/11/2020) terjadi 65 kasus baru. Sementara, Satgas Covid-19 Sleman hanya mencatat 31 kasus baru.

Tidak hanya itu, jika biasanya Satgas Covid-19 DIY merinci kasus per kasus baru yang muncul namun pada laporan Rabu (18/11/2020) tidak ada rincian penelusuran kasus per kasus yang jamak dilaporkan. Satgas Covid-19 DIY berjanji akan menulis perincian penelusuran kasus pasien Covid-19 kembali mulai Kamis (19/11/2020).

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih, menjelaskan masalah ini tidak lepas dari adanya perubahan sistem yang diterapkan oleh Kemenkes. Namun ia memastikan, kasus-kasus baru yang dilaporkan didominasi hasil tracing kasus positif.

"Data baru dapat kami tarik dari sistem New All Record Kemenkes pada pukul 15.00 WIB. Kebijakan ini berlaku sejak tanggal 15 Novemeber 2020 dan seluruh provinsi efektif menggunakan sistem ini sehingga penelusuran belum bisa dilakukan," kata Berty.

Perubahan prosedur laporan tersebut juga berdampak negatif bagi jumlah kasus di Sleman. Jika laporan Satgas DIY di Sleman terjadi 65 kasus, namun Satgas Sleman justru mengutarakan hal berbeda. Kasus Covid-19 baru di Sleman pada Rabu (18/11/2020) hanya 31 kasus. "Perbedaan data tersebut karena ada perubahan prosedur laporan," kata Kepala Dinkes Sleman Joko Hastaryo.

Dijelaskan Joko, perubahan laporan yang dimaksud adalah semua laporan pasien positif di seluruh rumah sakit di Sleman (termasuk RS Sardjito) masuk ke laporan Sleman. Data yang masuk, lanjut dia, tanpa melihat alamat atau domisili sang pasien. "Nyatanya, kalau menurut data di kami hari ini, kasus positif di Sleman bertambah 31 kasus. Semua hasil tracing kasus-kasus positif sebelumnya,"kata Joko.