Advertisement

Cegah Covid-19, Cuci Tangan Jadi yang Utama

Jalu Rahman Dewantara
Jum'at, 20 November 2020 - 23:07 WIB
Budi Cahyana
Cegah Covid-19, Cuci Tangan Jadi yang Utama Ingat pesan ibu, cuci tangan dengan sabun. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Baning Rahayujati menaruh harapan tinggi bagi masyarakat agar bisa mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Salah satu hal yang menurutnya sangat penting adalah kebiasaan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

Dia mengatakan mencuci tangan merupakan salah satu perilaku yang harus dilakukan masyarakat agar tetap sehat selama masa pandemi. Namun, dari pengamatannya masih banyak masyarakat yang belum bisa membiasakan perilaku itu.

Advertisement

Pihaknya pun tetap melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tetap mencuci tangan. "Memang agak lama untuk mengubah perilaku [masyarakat], tapi kalau masyarakat mau sehat harus menerapkan itu," ujar dia, Rabu (18/11/2020).

Baning menjelaskan cuci tangan menggunakan sabun di air yang mengalir merupakan salah satu cara mengantisipasi penularan virus. Akan tetapi tata caranya harus benar. Paling tidak usapkan sabun di tangan sekitar 10 detik agar bisa mematikan virus. Baru kemudian dibasuh dengan air mengalir.

Bagi masyarakat yang masih menggunakan hand sanitizer, Baning mengimbau untuk tetap mengutamakan cuci tangan dengan air dan sabun. Setidaknya, setelah lima kali menggunakan hand sanitizer, masyarakat diminta untuk mencuci tangan.

Pasalnya, kata dia, hand sanitizer merupakan pilihan kedua jika tidak ada air bersih. "Kalau ada air bersih tetap wajib mencuci tangan," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tujuh Anggota Kelompok Teroris Ditangkap Densus 88

News
| Kamis, 18 April 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement