Masyarakat Kulonprogo Mulai Terbiasa Mencuci Tangan

Ingat pesan ibu, cuci tangan dengan sabun. - Antara
21 November 2020 05:27 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo memberi apresiasi kepada masyarakat yang mulai terbiasa melakukan cuci tangan sebagai salah satu upaya mengantisipasi penularan Covid-19.

"Saya melihat saat ini masyarakat mulai terbiasa melakukan cuci tangan. Selain itu, penyediaan tempat cuci tangan di tempat umum juga sudah memadahi," ujarnya belum lama ini.

Fajar mengatakan pada awal pandemi Covid-19, ia melihat kesadaran masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan masih sangat minim. Banyak yang keluar rumah tidak pakai masker, tidak cuci tangan, jaga jarak dan menjauhi kerumunan. Namun seiring berjalannya waktu, kepatuhan terhadap protokol kesehatan mulai terbentuk dengan baik.

Kendati begitu, Fajar tak menampik saat ini memang masih orang yang menganggap kebiasaan baru di masa pandemi merepotkan. Oleh karena itu ia mengimbau masyarakat untuk selalu membiasakannya.

"Dulu saya juga merasa repot. Tapi sekarang, sudah menjadi kebiasaan. Bahkan bila tidak ada tempat cuci tangan saya malah bingung," katanya.

Saat ini Gugus Tugas Penanganan Covid-19 tengah fokus menggencarkan sosialisasi protokok kesehatan dan mengajak warga menyediakan tempat cuci tangan di rumahnya masing-masing.