Kepala Dinas Sosial Kota Jogja Terinfeksi Corona, Kantor Terpaksa Ditutup

Logo Pemkot Jogja (Harian Jogja)
24 November 2020 17:37 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Kasus konfirmasi positif kembali muncul dari lingkungan Balai Kota Jogja. Langkah cepat pencegahan segara dilakukan dengan penutupan kantor yang bersangkutan dan penyemprotan disinfektan. 

Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti pada Selasa (24/11/2020) menyebutkan satu Aparatur Sipil Negara (ASN) di Dinas Sosial (Dinsos) Kota Jogja terkonfirmasi positif Covid-19. Kantor terpaksa ditutup untuk tindakan penyemprotan disinfektan dan screening kepada kontak erat dengan pasien tersebut. Satu ASN yang terkonfirmasi positif tersebut merupakan Kepala Dinsos Kota Jogja. 
"Akibatnya lockdown seperti biasa. Kita juga kalau ada yang kena ya kita lockdown. Meminimalisir potensi adanya penularan Covid-19. Itu kan sudah di mana mana begitu, bukan satu hal yang luar biasa. Ini satu hal yang kita lakukan sesuai standar," ujar Haryadi. 
Ditambahkan Haryadi penutupan layanan di Dinsos Kota Jogja hanya berlangsung sementara untuk memastikan potensi penularan yang mungkin terjadi. "Jadi seperti itu, kita lockdown sementara di Dinsos untuk memastikan rantai potensi penularan atau risiko penularan," tuturnya. 
Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jogja, Heroe Poerwadi lebih rinci menjelaskan jika Kepala Dinsos Kota Jogja diduga terpapar Covid-19 dari istrinya. Saat ini pasien yang bersangkutan menjalani perawatan di rumah sakit rujukan Covid-19. "Sekarang Kadinsos dirawat di rumah sakit karena memiliki gejala," terangnya. 
Hingga saat ini screening kontak erat Kadinsos Kota Jogja masih ditelusuri. Heroe menjelaskan jika sebenarnya pihak yang bersangkutan telah melakukan isolasi mandiri beberapa hari sebelumnya. "Sekarang masih ditelusuri, saya belum dapat laporannya. Sebenarnya Kadinsos sudah isolasi mandiri sejak dua hari yang lalu. Sudah kita minta isolasi mandiri, tetapi hasilnya baru semalam. Pagi tadi baru dikasih kabar itu dari sekretaris dinasnya. Paginya teman-teman melakukan screening di sini dan penyemprotan," imbuhnya. 
Heroe berharap langkah Swab juganisa dilakukan mengingat kerja dari Dinas Sosial yang melayani masyarakat secata langsung. "Oleh karena itu kita sekarang, hari ini, mungkin jam-jam ini lagi disenfektasi dan hari ini kita harapkan dilaksanakan swab juga teman-teman yang ada di Dinas Sosial," ujarnya. Dijelaskan Heroe, Kadinsos yang menjadi penanggung jawab Selter Rusunawa Bener selama menjalani perawatan, tanggung jawab akan tetap dipegang rekan-rekan Dinsos lainnya dalam pengelolaan selter.