Fasilitas ICU untuk Pasien Corona di DIY Tinggal Tersisa 8 Bed

Foto ilustrasi. - Reuters
30 November 2020 22:17 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Ketersediaan bed atau tempat tidur untuk menampung pasien Covid-19 di DIY semakin sedikit.

Berkurangnya kapasitas tempat tidur seiring terus bertambahnya pasien baru Covid-19 di wilayah ini. Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih hingga Senin (30/11/2020) saat ini total kasus positif DIY menjadi sebanyak 5.963 kasus, dengan 1.420 kasus aktif, 4.398 kasus sembuh dan 145 kasus meninggal.

Sementara penggunaan bed di rumah sakit rujukan untuk kritikal atau di fasilitas ruang ICU sebanyak 41 bed, sisa 8 bed. Untuk non kritikal digunakan 401 bed, sisa 13 bed.

Dengan masih banyaknya kasus aktif, pemda DIY memperpanjang status tanggap darurat untuk sebulan kedepan. Perpanjangan ketujuh ini ditetapkan dalam Keputusan Gubernur DIY No. 358/KEP/2020, tentang Penetapan Perpanjangan ketujuh Status tanggap Darurat Covid-19.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, mengatakan perpanjangan ini mempertimbangkan situasi covid-19 di DIY yang masih fluktuatif dan cenderung naik. “Ya naik kan, karena fluktuatif, kita nggak tahu kapan selesainya. Selama fluktuatif dan naik seperti ini kita pasti perpanjang,” ungkapnya.

Meski demikian, untuk pembelajaran sekolah tatap muka yang diwacanakan pada semester genap mulai januari mendatang, pihaknya masih akan melihat perkembangan situasi. “Kita lihat perkembangannya dulu. Kalau masih seperti ini anak-anak kita jangan,” ujarnya.