Layanan Paspor Hadir di Lippo Plaza

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta, Andry Indrady saat memberikan sambutan dalam peresmian Unit Layanan Paspor di Lippo Plaza Jogja, Selasa (1/12/2020). - Harian Jogja/Sirojul Khafid
02 Desember 2020 12:47 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Dalam rangka memperdekat layanan keimigrasian pada masyarakat, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta membuka Unit Layanan Paspor (ULP) di Lippo Plaza Jogja. Layanan Unit Paspor ini juga sebagai respons melonjaknya pengajuan paspor baru di Jogja.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta, Andry Indrady mengatakan ULP Lippo Plaza merupakan wujud pelayanan serta kerja sama antara pemerintah dan swasta. “Secara pelayanan dan kesisteman tidak berbeda dengan kantor imigrasi pada umumnya,” kata Andri saat acara pembukaan ULP di Lippo Plaza pada Selasa (1/12/2020).

Pemilihan Lippo Plaza sebagai tempat ULP lantaran menjadi pusat belanja yang berada di jantung Kota Jogja. Andrie M. Syahputra sebagai Direktur Lippo Plaza juga menyambut baik adanya ULP. Selain bentuk kolaborasi antara pemerintah dan swasta, hal ini juga merupakan bentuk peningkatan layanan pada masyarakat. “Setelah ini akan ada sistem layanan terpadu di Lippo Plaza seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil [Disdukcapil] dan Samsat,” kata Andrie.

Nantinya, selain bisa berbelanja atau melakukan kegiatan lain di Lippo Plaza, masyarakat juga bisa mengurus segala hal tentang paspor.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi yang dibacakan oleh Edy Heri Suasana mengatakan adanya ULP Lippo Plaza merupakan solusi bagi masyarakat yang sibuk bekerja. “Bisa mendapat layanan [keimigrasian] di hari libur. Bukan merupakan hal yang rumit, namun hal yang menyenangkan [mengurus dokumen] sembari berjalan-jalan di Lippo Plaza,” ucap Edi yang saat ini menjabat sebagai Asisten Deputi Bidang Umum Kota Jogja.

Kemunculan ULP sejalan dengan visi misi pemerintahan Presiden Joko Widodo yang ingin menciptakan birokrasi mudah, cepat, transparan dan terjangkau bagi masyarakat. Menurut Indro Purwoko selaku Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DIY, terobosan ini merupakan kali pertama dalam sejarah Kota Jogja. “Pelayanan imigrasi kini hadir di mall,” kata Indro.

Selain ULP Lippo Plaza, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta belum lama ini juga membuka layanan Unit Kerja Keimigrasian di Universitas Gadjah Mada (UGM). Sebelumnya mereka juga membuka kantor pelayanan publik di Kulonprogo. Untuk ke depannya, sedang dalam persiapan untuk pembukaan kantor pelayanan di wilayah Sleman.