Advertisement

Tenaga Vaksinator untuk Covid-19 di Jogja Mulai Disiapkan

Newswire
Rabu, 02 Desember 2020 - 20:37 WIB
Bhekti Suryani
Tenaga Vaksinator untuk Covid-19 di Jogja Mulai Disiapkan Obat Covifor (Remdesivir/Dok. PPG

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta mulai menyiapkan tenaga vaksinator yang akan melaksanakan vaksinasi COVID-19, termasuk menyosialisasikan program itu kepada masyarakat di daerah ini.

"Saat ini sedang dilatih vaksinator, orang yang akan melaksanakan penyuntikan vaksin," kata Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie di Yogyakarta, Rabu (2/12/2020).

Advertisement

Menurut dia, para vaksinator itu antara lain berasal dari unsur pegawai Dinas Kesehatan DIY serta dinas kesehatan di kabupaten/kota.

"Mulai dari dinas kesehatan provinsi, dinas kesehatan kabupaten/kota, fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) mengirimkan vaksinatornya untuk dilatih," kata dia.

Setelah para vaksinator mendapatkan pelatihan, kata dia, sosialisasi mengenai program vaksinasi COVID-19 baru akan dilakukan secara bertahap berbagai informasi mengenai vaksin itu termasuk efek samping yang berpotensi ditimbulkan.

Selain vaksinator belum siap diterjunkan, menurut Pembajun, hingga kini sosialisasi vaksin itu belum dilakukan karena belum ada kepastian vaksin apa yang akan digunakan.

"Sampai sekarang kan belum (dipastikan). Kita baru disuruh menyiapkan data saja, walaupun informasi terbesar kita kemungkinan pakai Sinovac," kata dia.

Mengenai alokasi vaksin COVID-19 untuk DIY, Pembajun mengatakan bahwa hingga kini belum dipastikan jumlahnya.

Meski sebelumnya DIY diperkirakan mendapat alokasi 2,2 juta vaksin pada periode pertama, ia menyebut angka itu masih memungkinkan berubah mengingat kriteria khusus penerima vaksin harus bukan pemilik riwayat penyakit penyerta (komorbid) maupun penyakit infeksi.

"Mereka yang tidak punya komorbid, terus yang saat akan vaksinasi dilaksanakan, dia tidak punya penyakit infeksi. Kriteria ini minimal yang harus dipegang," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement