Kapasitas Ruang Perawatan Pasien Covid-19 di Gunungkidul Masih Mencukupi

Ilustrasi - Freepik
02 Desember 2020 17:07 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul Dewi Irawaty memastikan ketersediaan ruang perawatan pasien Covid-19 di rumah sakit rujukan masih mencukupi. Hal ini tak lepas masih adanya kamar kosong yang siap merawat pasien baru.

“Total di rumah sakit rujukan ada 57 kamar untuk perawatan, tapi yang terisi baru sebanyak 29 tempat tidur, sehingga masih ada 28 ruangan yang kosong,” kata Dewi kepada harianjogja.com, Rabu (2/12/2020).

Menurut dia, kapasitas sebanyak 57 tempat tidur ini masih bisa ditingkatkan karena ada bisa melakukan penambahan apabila warga yang terpapar membutuhkan perawatan secara intensif. “Masih ada ruang yang bisa dimanfaatkan sehingga kapasitas tempat tidub bisa ditambah. Selain itu, kami juga sudah ada komunikasi dengan rumah sakit non rujukan untuk membantu dalam perawatan pasien corona apabila sewaktu-waktu dibutuhkan,” katanya.

Dewi mengungkapkan, hingga Rabu siang, ada 80 warga yang dinyatakan positif Covid-19. Meski demikian, tidak semua warga yang terpapar dirawat di rumah sakit rujukan. Ia mengatakan, bagi pasien yang dinyatakan positif, tapi tidak memiliki gejala bisa melakukan isolasi mandiri. Namun, ada beberapa persayaratan yang harus dipenuhi, salah satunya memiliki ruangan tersendiri di rumah. “Penyebaran Corona ini cepat, jadi beberapa syarat untuk bisa karantina mandiri harus terpenuhi,” katanya.

Pengawasan warga positif yang menjalani isolasi mandiri tidak hanya melibatkan petugas puskesmas terdekat, tapi juga melibatkan perangkat kalurahan hingga RT. “Akan terus diawasi. Nanti kalau ada gejala sakit, warga yang bersangkutan bisa dibawa ke rumah sakit rujukan,” katanya.