Pilkada Usai, Semua Pihak Diminta Tahan Diri

Ilustrasi. - Freepik
12 Desember 2020 15:47 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Serentak 2020 di Bantul telah terlaksana. Meski demikian, penerapan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 harus tetap dilakukan.

Pasalnya , penerapan protokol kesehatan akan menjadi suksesnya pencegahan dan penularan Covid-19 di daerah yang telah menggelar Pilkada.  “Untuk itu kami mengharapkan penerapan prokes tetap dilakukan,” kata Kepala Divisi Hukum dan Pengawasan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul Mestri Widodo, Kamis (10/12/2020).

Lebih lanjut, Mestri mengungkapkan, meski saat ini penghitungan cepat telah dilakukan oleh masing-masing pasangan calon dan telah ada hasilnya. Namun, bukan berarti para pendukung maupun warga bisa melonggarkan protokol kesehatan.

Hal itu lantaran kegiatan mengumpulkan massa sebagai bentuk euforia kemenangan, justru akan memancing peningkatan angka Covid-19 di Bantul. “Oleh karena itu, kami mengimbau kepada para pendukung untuk bisa menahan diri. Tidak ada konvoi yang dilakukan di jalan,” ujar Mestri.

Menurut Mestri, kegiatan konvoi dan pengerahan massa di jalan tidak hanya membahayakan bagi keselamatan pengguna jalan, tetapi juga kesehatan warga.  Dengan adanya konvoi, kata dia, akan memancing pihak lainnya untuk melakukan pelanggaran baik ketertiban maupun penerapan protokol kesehatan.

“Untuk itu kami harapkan semua menjaga diri. Silakan tunggu hasil rekapitulasi dari kabupaten,” ujar Mestri.