Wapres Ma'ruf: Pers Bantu Suarakan Semangat #vaksinasiuntuknegeri

Pembekalan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin dengan tema "Wartawan sebagai Agen Perubahan Perilaku untuk Penanggulangan Pandemi Covid-19" yang dilakukan secara virtual, Senin (14/12/2020). - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati
15 Desember 2020 03:37 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta insan pers untuk menyuarakan gerakan vaksinasi untuk mencegah penularan Covid-19.

Menurut Wapres, insan pers merupakan garda terdepan dalam sosialisasi program vaksinasi ke masyarakat luas. "Insan pers perlu menyertakan data dukung dan penjelasan ilmiah tentang manfaat vaksin," tutur Wapres Ma'ruf dalam acara Pembekalan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin dengan tema "Wartawan sebagai Agen Perubahan Perilaku untuk Penanggulangan Pandemi Covid-19" yang dilakukan secara virtual, Senin (14/12/2020).

Secara khusus Wapres juga meminta agar insan pers mendukung kelancaran diseminasi informasi vaksin yang telah dinantikan bersama dengan terus menyuarakan semangat #vaksinasiuntuknegeri melalui pemberitaan.

Wapres menyampaikan bahwa pola hidup bersih dan sehat tidak hanya dilakukan sementara waktu sampai program vaksinasi berjalan tetapi diharapkan menjadi budaya dan gaya hidup baru masyarakat Indonesia.

"Di sinilah peran penting insan pers terutama mencerdaskan masyarakat melalui berita yang akurat, komprehensif, edukatif, informatif, dalam menggambarkan fenomena Covid-19 serta berbagai dampaknya. Sehingga masyarakat semakin paham cara melndungi diri, keluarga, lingkungan secara tepat," tuturnya.

Wapres Ma'ruf mengakui jika pandemi Covid-19 menjadi fenomena langka yang berdampak besar, sulit diprediksi, menimbulkan ketidakpastian, dan belum pernah dialami Bangsa Indonesia sebelumnya.

"Maka informasi kredibel dan terpercaya [seputar Covid-19] tentu dibutuhkan untuk menjamin arus informasi yang bebas dari penyalahgunaan informasi seperti misinformasi dan disinformasi," tuturnya.