Advertisement

Ada Taman Pintar Hingga Embung, Selatan Jogja Jadi Kawasan Wisata Baru Terintegrasi

Catur Dwi Janati
Rabu, 16 Desember 2020 - 17:37 WIB
Bhekti Suryani
Ada Taman Pintar Hingga Embung, Selatan Jogja Jadi Kawasan Wisata Baru Terintegrasi Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi (tengah). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Pengembangan potensi wisata baru di kawasan selatan terus digarap Pemerintah Kota Jogja. Integrasi dan sinergi beragam pihak dinilai jadi kunci pembangunan kekuatan baru wisata kawasan selatan.

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi menuturkan arah intergrasi yang bakal dilakukan Pemkot Jogja akan memadukan berbagai titik potensi wilayah selatan. "Giwangan nanti akan ada banyak titik-titik yang akan dikembangkan, ada Terminal Giwangan, Taman Kebudayaan atau Taman Pintar 2, kawasan Embung Lepen, Legawong sampai Kotagede, jadi ini beberapa titik," tuturnya pada Selasa (15/12/2020).

Advertisement

Heroe menjelaskan salah satu yang akan segera dikelola adalah mengembangkan berbagai kawasan tadi menjadi satu, mengintegrasikan segala potensi yang ada. "Ada Taman Pintar atau Taman Kebudayaan itu kan di sebelahnya ada Fish Market, Balai Benih macam-macam kan, itu nanti adalah kekuatan baru untuk mengembangkan di wilayah selatan. Karena komitmen kita kan mengembangkan wilayah selatan," tegasnya.

"Terus yang kedua Embung Lepen dan Legawong ini adalah pengembangan yang sifatnya langsung memberdayakan masyarakat. Nanti kita integrasikan dengan Kotagede yang menjadi destinasi untuk melihat kota lawas di Jogjakarta, jadi kerajaan kota yang lama di sana," titur Heroe.

Akan tetapi, bagi Heroe untuk sampai integrasi yang baik dibutuhkan sinergi beragam elemen dengan meninggalkan ego masing-masing sektor. Selama ego sektoral masih ada, integrasi akan alami kendala. "Potensi yang besar ini harus ditata bersama-sama pokdarwis supaya tidak ego Kalurahannya masing-maisng atau ego kawasannya masing-masing tapi harus membangun kawasan terintegrasi. Satu kawasan Bendung Lepen kawasan Kotagede kawasan Taman Budaya dan segala macam dan nanti hub-nya di sampinng terminal jadi XT Square Warungboto sama daerah Legawon akan menjadi satu kawasan untuk mengembangkan wialayah selatan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement