Ada Taman Pintar Hingga Embung, Selatan Jogja Jadi Kawasan Wisata Baru Terintegrasi

Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi (tengah). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
16 Desember 2020 17:37 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Pengembangan potensi wisata baru di kawasan selatan terus digarap Pemerintah Kota Jogja. Integrasi dan sinergi beragam pihak dinilai jadi kunci pembangunan kekuatan baru wisata kawasan selatan.

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi menuturkan arah intergrasi yang bakal dilakukan Pemkot Jogja akan memadukan berbagai titik potensi wilayah selatan. "Giwangan nanti akan ada banyak titik-titik yang akan dikembangkan, ada Terminal Giwangan, Taman Kebudayaan atau Taman Pintar 2, kawasan Embung Lepen, Legawong sampai Kotagede, jadi ini beberapa titik," tuturnya pada Selasa (15/12/2020).

Heroe menjelaskan salah satu yang akan segera dikelola adalah mengembangkan berbagai kawasan tadi menjadi satu, mengintegrasikan segala potensi yang ada. "Ada Taman Pintar atau Taman Kebudayaan itu kan di sebelahnya ada Fish Market, Balai Benih macam-macam kan, itu nanti adalah kekuatan baru untuk mengembangkan di wilayah selatan. Karena komitmen kita kan mengembangkan wilayah selatan," tegasnya.

"Terus yang kedua Embung Lepen dan Legawong ini adalah pengembangan yang sifatnya langsung memberdayakan masyarakat. Nanti kita integrasikan dengan Kotagede yang menjadi destinasi untuk melihat kota lawas di Jogjakarta, jadi kerajaan kota yang lama di sana," titur Heroe.

Akan tetapi, bagi Heroe untuk sampai integrasi yang baik dibutuhkan sinergi beragam elemen dengan meninggalkan ego masing-masing sektor. Selama ego sektoral masih ada, integrasi akan alami kendala. "Potensi yang besar ini harus ditata bersama-sama pokdarwis supaya tidak ego Kalurahannya masing-maisng atau ego kawasannya masing-masing tapi harus membangun kawasan terintegrasi. Satu kawasan Bendung Lepen kawasan Kotagede kawasan Taman Budaya dan segala macam dan nanti hub-nya di sampinng terminal jadi XT Square Warungboto sama daerah Legawon akan menjadi satu kawasan untuk mengembangkan wialayah selatan," pungkasnya.