Disiplin 3 M Jangan Diabaikan

Ingat pesan ibu, cuci tangan dengan sabun. - Antara
18 Desember 2020 17:37 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Ketua Sub Bidang Sosialisasi Perubahan Perilaku Satgas Pencegahan Covid-19, Dwi Listyawardani mengimbau masyarakat yang hendak merayakan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 untuk tetap menjalankan protokol kesehatan.

Momen tersebut jangan sampai membuat masyarakat lupa terhadap disiplin 3 M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Prokes tersebut wajib dijalankan sebagai upaya meminimalisir penularan Covid-19.

"Kita boleh kok ketemu [saat perayaan Nataru] tapi 3 M harus tetap diterapkan. Pakai masker jelas itu wajib, terus kalau berkumpul ya dibatasi, jika di ruangan yang sempit maksimal empat atau lima orang saja, dan tentunya sebelum itu harus cuci tangan," kata Dwi saat ditemui di sela-sela kesibukannya di Kapanewon Wates, Kulonprogo, Jumat (18/12/2020).

Dwi mengatakan Satgas Covid-19 tidak pernah bosan mengingatkan masyarakat untuk senantiasa menerapkan disiplin 3 M. Terlebih ketika menjelang hari-hari besar seperti Nataru mendatang.

Menurut Dwi, momen Nataru cukup riskan memunculkan lonjakan kasus baru Covid-19. Sebab di masa itu, masyarakat cenderung menghabiskan waktunya untuk berkumpul baik itu dengan keluarga maupun lingkaran pertemanan mereka. Dalam perkumpulan ini tak jarang prokes diabaikan.

"Berkumpulnya itu lho yang agak susah. Apalagi ada kecendrungan saat kumpul itu pasti sambil makan, jadi mau tidak mau ya buka masker, nah hal ini perlu jadi perhatian bersama, 3 M harus terus dijalankan," kata Dwi.