Masih Pandemi, Tunda Dulu Perayaan Kembang Api di Tahun Baru

Ingat pesan ibu, cuci tangan dengan sabun. - Antara
24 Desember 2020 14:47 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pada malam Tahun Baru 2021, tidak ada acara perayaan dan acara kembang api. Kepala Bagian Operasi Kepolisian Resor Kota (Polresta) Jogja Bayu Dewasto mengatakan polisi masih mendata penjual kembang api.

“Mudah-mudahan dalam waktu singkat masyarakat sadar untuk tidak membeli [kembang api] atau melaksanakan kerumunan yang tidak mematuhi protokol kesehatan,” kata Bayu di sela-sela jumpa pers akhir tahun pada Rabu (23/12/2020).

Polresta Jogja akan bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk dalam tingkatan lurah menjelang tahun baru. Bayu memperbolehkan masyarakat beraktivitas normal pada tahun baru dengan tetap menegakkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19, seperti menjaga jarak, menghindari kerumunan, memakai masker, serta mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. “Asal mengikuti prokes, masih diberikan toleransi,” kata Bayu.

Di hari pergantian tahun, Polresta Jogja akan menerjunkan 1.100 personel untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Kasatlantas Polresta Jogja, Imam Bukhori mengungkapkan tahun ini tidak akan ada penutupan jalan. Namun pada malam tahun baru, kendaraan tidak boleh berhenti. “Tidak ada jalan yang ditutup agar tidak menimbulkan kurumunan,” kata Imam.