Parkir Sembarangan saat Liburan di Jogja, Puluhan Mobil Digembosi Petugas

Ilustrasi. - Freepik
28 Desember 2020 19:27 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Sejumlah kendaraan parkir tak sesuai aturan masih ditemui selama liburan beberapa waktu lalu. Langkah tegas pun terpaksa diambil Dishub kota Jogja dengan menggembosi ban mobil.

Kepala Bidang Perparkiran Disub Kota Jogja, Imanudin Aziz mengatakan petugas telah menertibkan parkir selama liburan. Beberapa lokasi jadi titik penertiban di antaranya Jl. Pasar Kembang dan Jl. Suryatmajan. "Tapi yang di marka biku intinya, kalau patroli Nataru di titik-tirik tersebut kita lakukan penempelan stiker dan penggembosan," tegasnya pada Senin (28/12/2020).

Selama libur natal, Aziz mencatat ada sekitar 20 kendaraan kendaraan roda empat digembosi di Jl. Pasar Kembang pada malam minggu. "Karena sudah dari sore langsung parkir di situ, mobil semua. Terus kami lakukan penindakan," tuturnya. Beberapa kendaran juga ditindak di Jl. Suryatmajan. Aziz menyebutkan ada sekitar enam mobil yang ditindak karena posisi parkir di marka biku. Aziz menambahkan rata-rata kendaraan pelanggar berasal dari luar DIY.

"Kemarin sempat ketemu dengan pelanggarnya yang punya kendaraan, sebagian ada yang dia berhenti supirnya di dalam ada yang memang dia sudah jalan-jalan ke Malioboro. Tapi hampir semuanya posisi parkir dan pegemudinya enggak ada. Alasannya, kebanyakan parkir di situ karena di depannya sudah ada yang markir dari awal dan kemudian dia masuk di situ. Ada yang posisinya belum bayar ke pelaku ada yang memang sudah [bayar parkir]. Kalau yang sudah, kita pantau pelakunya tapi memang tidak menemukan, hanya sticklight-nya yang kita ambil," tegas Aziz.

Sejauh ini penindakan yang bakal ditempuh Dishub Kota Jogja hanya penggebosan ban. Akan tetapi Aziz tak menampik akan memberlakukan tilang jelang tahun baru nanti. "Selama ini tidak kita lakukan, tapi mungkin di jelang tahun baru kita lakukan tilang, akan koordinasi dengan Satlantas Polres," ujarnya.