Sekolah Tatap Muka, Disdikpora-Dinkes Harus Kerja Sama

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
29 Desember 2020 06:07 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Komisi IV DPRD Kulonprogo mendorong puskesmas untuk bersiap demi mendukung kelancaran pembelajaran tatap muka yang rencananya digelar 2021.

"Harus ada sinergitas antara instansi pendidikan dan kesehatan, jangan sampai ada pembelajaran tatap muka, tetapi layanan kesehatan tidak mampu," kata Ketua Komisi IV DPRD Kulonprogo, Istana, Minggu (27/12/2020).

Kesiapan puskesmas, menurut Istana sangat penting. Jika nanti ada temuan kasus Covid-19, maka puskesmas harus segera turun tangan. Disinggung soal kesiapan sekolah, Istana menilai sebagian besar sekolah telah menyiapkan sarana prasarana penunjang. Dari pantauan di lapangan, fasilitas protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan sudah terpenuhi.

Sebelumnya Kepala Disdikpora Kulonprogo, Arif Prastowo mengatakan jajarannya tidak akan tergesa-gesa menggelar pembelajaran tatap muka. Menurutnya bisa tidaknya kegiatan ini terlaksana mendasari sejumlah pertimbangan termasuk pandemi Covid-19. "Kami lihat situasinya dulu," ucapnya.