Advertisement

Channel Youtube Visiting Jogja Tayangkan Kontemplasi Musik di Selopamioro

Media Digital
Kamis, 31 Desember 2020 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Channel Youtube Visiting Jogja Tayangkan Kontemplasi Musik di Selopamioro Kontemplasi musik di Selopamioro. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Dinas Pariwisata DIY mengupayakan kegiatan kepariwisataan DIY dapat dapat dikenal luas melalui aplikasi Youtube Visiting Jogja. Salah satunya memberikan ruang ekspresi dan kreativitas para pelaku seni DIY dengan menayangkan gelar Kontemplasi Musik di Selopamioro pada Rabu malam (30/12/2020) pukul 19.30 WIB.

Penanggung jawab acara sekaligus Direktur Yayasan Musike SJ yakni Setyawan Jayantoro, S.Sn., M.Sn. ditemui di lokasi acara menjelaskan, kontemplasi musik merupakan konser dan diskusi musik sebagai salah satu alternatif media potensial untukmenunjang berbagai misi kemanusiaan melalui berbagai pengembangan program yangedukatif.Acara ini merupakan kali kedua diselenggarakan di destinasi wisata, setelah sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2019 di Puncak Sosok.

Advertisement

Setyawan Jayantoro yang kerap disapa Mas SJ berharap melalui kegiatan tersebut potensi pariwisata dapat terpublikasikan dengan cara menarik melalui musik sebagai media publikasi yang inovatif dan kreatif.

“Acara kontemplasi musik diadakan yang kedua kalinya sebagai sarana untuk merenung dan berpikir. Terinspirasi juga dengan situasipandemi saat ini, hingar-bingar pemanfaatan musik sebagai media hiburan dirasakurang tepat. Selain diskusi musik, dalam acara inikami juga melaunching SJ String Orchestradengan menggandeng dua komposer karawitan yang ditayangkan di Youtube Visiting Jogja dan Setyawan Jayantoro” ucapnya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (31/12/2020). 

Acara yang didukung oleh Dinas Pariwisata DIY sertaPokdarwis DesaSelopamioro tersebut berlangsung lancar.Diskusi musiktersebut menghadirkan narasumber yang berkompeten dalam bidang komposisi, musikologi, psikologi, serta kritikus musik yakni Prof. Djohan, M.Si., Dr. Singgih Sanjaya, dan Bens Leo.

Dalam diskusinya membahas mengenai konsep optimalisasi musik untuk diproyeksikan dalam aktualisasi program yang lebih humanis, dalam perspektif yang kritis, berhubungan dengan dimensi psikologi maupun sosiologi musik.

Dalam kesempatan tersebut, Yayasan Musike SJ juga melaunching SJ String Orchestra yang merupakan orchestra gesek Jogjakarta.Anon Suneko dari kelompok Omah Gamelan dan Peni Candra Rini dari Jagad Sentana Art memainkan dan memperlihatkan komposisi karawitan merekadengan apik di hamparan alam Selopamioro yang hijau dan indah.

Kurniawan selaku Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Pariwisata DIY menjelaskan, acara kontemplasi musik diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat kemudian disiarkan melalui live streamingVisiting Jogja.Acara yang dilaksanakan di destinasi wisata tersebut diharapkan dapat menggerakkan sektor perekonomian dan industri kreatif lokal serta dapat memperkuat publikasi pariwisata.

“Penyelenggaraan kontemplasi musik dimaksudkan agar para pelaku seni dapat terus berproses dan berkreativitas menghasilkan karya seni.Masyarakat dapat menyaksikan acara ini di Channel Youtube Visiting Jogja”Ujar Kurniawan. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement