Advertisement

Begini Kondisi Sejumlah Objek Wisata di Sleman Saat Liburan Tahun Baru

Media Digital
Sabtu, 02 Januari 2021 - 23:47 WIB
Bhekti Suryani
Begini Kondisi Sejumlah Objek Wisata di Sleman Saat Liburan Tahun Baru Kondisi lokasi parkir di salah satu objek wisata di Sleman saat tahun baru/Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Mengawali 2021, Dinas Pariwisata DIY terus melakukan monitoring di sejumlah destinasi wisata di wilayah ini. Monitoring pada Jumat, 1 Januari 2021 dimulai pukul 09.00 WIB dan difokuskan pada destinasi yang berda di wilayah sleman. Adapun hasil monitoring tersebut sebagai berikut:

1. Watu Purba
Grojogan Watu Purbo yang terletak di Dukuh Bangunrejo, Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Yogyakartan menjadi lokasi pertama yang dimonitoring Tim dari Bidng Destinasi yang dipimpin Kadispar DIY.

Advertisement

Pada liburan tahun baru ini, di lokasi yang sedang viral pada akhir-akhir ini relatif banyak pengunjungnya terutama pesepeda. Di lokasi telah terdapat fasilitas cuci tangan yang memadai dan terdapat petugas yang melakukan checking suhu tubuh pengunjung pada pintu masuk, serta sudah mulai merespons apabila ada tamu yg tidak melakukan prokes. Namun demikian, masih ditemukan beberapa permasalahan yang perlu menjadikan perhatian bersama, diantaranya :

a) Belum maksimal-nya manajeman kebencanaan bila terjadi banjir mengingat lokasi ada di KRB 3, misalnya belum adanya alarm atau pengeras suara untuk peringatan dini.
b) Belum diterapkannya reservasi online melalui visitingjogja di destinasi ini.

Pada kesempatan ini, di lokasi tim juga sempat bertemu dan berdiskusi dengan Pak Sarjono dukuh setempat serta didampingi bapak maryono sebagi operator pengelola.

Grojogan Watu Purbo buka setiap hari pukul 06.00-18.00wib dan tidak dikenakan tiket masuk (sukarela), hanya biaya parkir kendaraan. Sepeda Rp 2.000-an, motor Rp5.000-an, mobil Rp10.000-an, dan bus Rp 20.000-an, serta kereta mini Rp25.000.

2. Tlogo Putri
Lokasi kedua yang dikunjungi adalah Tlogo Putri Kaliurang yang terletak di Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Di lokasi ini meski status Merapi masih siaga, ternyata pengunjung masih ada walau tidak seramai hari libur sebelumnya.

Sarana untuk mendukung pelaksanaan protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan telah disediakan, namun beberapa petugas operator belum menerapkan prokes sehingga penerapan prokes terkesan longgar/bebas. Warung-warung makan masih buka seperti biasa dan penyedia jasa Tur lava Merapi oleh AMERICAN WILLYS JEEP masih terlihat banyak yang standby dan beroperasi.

3. Blue Lagoon
Lokasi terakhir yang dimonitoring oleh Tim adalah Blue Lagoon Jogja yang terletak di arean Sawah, Widodomartani, Kec. Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Di lokasi ini pengunjung relatif stabil walau di hari libur pertama tahun 2021 (ratarata 200 pengunjung setiap hari).

Petugas yang ada juga telah menerapkan prokes dengan baik. Dengan berbagai cerita yang ada di lokasi ini, maka akan menarik jika dibuatkan storytelling di visiting Jogja. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement