26.800 Vaksin Covid-19 Sudah Tiba di Jogja

Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie, saat ditemui wartawwan di kompleks Kantor Gubernur DIY, Selasa (5/1/2021)-Harian Jogja - Lugas Subarkah
05 Januari 2021 12:57 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Sebanyak 26.800 vaksin Covid-19 jenis sinovac telah tiba di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan DIY pada Selasa (5/1/2020) pukul 06.19 pagi. Vaksin ini akan didistribusikan ke kabupaten/kota sebelum dimulai vaksinasi serentak pada 14 Januari.

Seluruh dosis vaksin dikemas dalam 14 boks dan diangkut menggunakan satu mobil boks dengan nomor polisi D8579 EZ. Pengiriman vaksin dikawal menggunakan rantis barracuda, Elf KBR dan dua mobil patwal. Sejumlah pihak hadir dalam serah terima vaksin di antaranya Dinas Kesehatan DIY, Bio Farma Cabang DIY, Brimob DIY dan Mabes TNI BAIS.

BACA JUGA: Vaksin Sinovac Didistribusikan, BPOM: Vaksinasi Belum Boleh Dilakukan!

Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie,menjelaskan setelah kedatangan vaksin, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kabupaten-Kota untuk memastikan teknis pendistribusian. “Instalasi penyimpanan mereka harus sudah siap. Kalau secara perencanana mereka sudah siap,” ujarnya di kompleks Kantor Gubernur DIY, Selasa (5/1/2020).

Selain tempat penyimpanan, akan dikoordinasikan pula teknis pengawalan, penjagaan, sampai pada akhirnya ditetapkan vaksin boleh dibuka dan digunakan. Vaksinasi akan diawali oleh Presiden RI dan seluruh Menteri yang memenuhi syarat pada 13 Desember, kemudian diikuti secara serentak oleh semua daaerah pada 14 dan 15 Januari mendatang.