Baru Dibuka, Selter Bekas RS Patmasuri Bantul Langsung Penuh Pasien Covid-19

Ilustrasi. - Freepik
17 Januari 2021 12:37 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Lonjakan jumlah pasien Covid-19 di Bantul dalam beberapa hari terakhir membuat sejumlah selter yang disiapkan oleh Pemkab Bantul kewalahan. Salah satunya adalah selter eks RS Patmasuri, di Jl Ali Maksum, Krapyak, Panggungharjo, Sewon.

Lurah Panggungharjo, Sewon, Wahyudi Anggoro Hadi mengatakan, selter eks RS Patmasuri mulai dibuka Jumat (15/1/2021) siang. Namun, dari jumlah tempat tidur yang ada, langsung terisi.

“Untuk tahap pertama, ada 19 tempat tidur yang disiapkan dari kapasitas 60 tempat tidur. Begitu dibuka, Jumat, itu langsung penuh. Tidak ada sisa, dan yang mengisi adalah warga Bantul,” katanya, Minggu (17/1/2021).

Baca juga: Epidemiolog: Kasus Harian Covid-19 Nasional Tembus 50.000

Akibat penuhnya selter yang ditujukan untuk menampung pasien Covid-19 bergejala ringan dan sedang, lanjut Wahyudi, pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa. Padahal, ada tiga pasien dengan gejala sedang saat ini mengantre dan harus segera menjalani isolasi.

“Ada tiga warga kami yang saat ini antre. Satu adalah ibu hamil, satu memiliki komorbid ringan dan satu berusia lanjut. Ketiganya masuk dalam daftar antre,” terang Wahyudi.

Baca juga: Sudah 188 Kantong Jenazah Korban Sriwijaya Air SJ-182 Masuk Pusdokkes Polri

Menurut Wahyudi, eks RS Patmasuri sejatinya mampu menampung sebanyak 60 pasien Covid-19 dengan gejala ringan dan sedang. Sebab, selain disediakan tempat tidur, Pemkab Bantul juga menyediakan paramedis dan sejumlah fasilitas penunjang lainnya.

“Hanya saja, yang ready di tahap pertama ada 19 tempat tidur. Untuk itu, kami masih menunggu informasi lanjutan dari Pemkab dan Dinkes Bantul,” paparnya.