Vaksinasi Covid-19 di Kulonprogo Dimulai Pekan Ini

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto
25 Januari 2021 17:27 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Program vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Kabupaten Kulonprogo akan dilaksanakan pada pekan ini.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Baning Rahayujati mengatakan berdasarkan informasi yang pihaknya terima dari Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY, distribusi vaksin untuk wilayah Kulonprogo, dijadwalkan pada Rabu (27/1/2020). Adapun jumlah vaksin yang diterima Kulonprogo sebanyak 5.480 buah.

Dengan keluarnya jadwal distribusi tersebut, maka pencanangan vaksinasi juga akan dilaksanakan pada pekan ini. Namun kapan hari pastinya, Baning belum bisa memberi keterangan.

Saat ini Dinkes Kulonprogo masih fokus melakukan persiapan penerimaan vaksin serta menyiapkan jadwal kick off pencanangan vaksinasi tersebut.

"Kita masih melakukan persiapan, rencananya [pencanangan vaksinasi] juga minggu ini," kata Baning kepada awak media, Senin (25/1/2021).

Sekretaris Daerah Kulonprogo, Astungkara mengatakan Pemkab telah menyiapkan daftar nama sebanyak 10 tokoh sebagai penerima awal program vaksinasi Covid-19 di Kulonprogo.

Ke-10 sosok itu meliputi Wakil Bupati, Kapolres, Komandan Kodim, Ketua DPRD, tokoh agama, tokoh masyarakat, publik figur setempat dan tokoh organisasi kemasyarakatan. "Untuk Pak Bupati tidak masuk karena usianya," ujar Astungkara.

Tokoh-tokoh yang masuk daftar penerima vaksin pertama di Kulonprogo itu sudah memenuhi persyaratan. Mereka juga telah menyampaikan kesediaannya untuk divaksin. Adapun pelaksanaan vaksinasi terhadap tokoh-tokoh pilihan itu dilakukan di RSUD Wates.

Setelah 10 tokoh itu, baru dilanjutkan vaksinasi terhadap tenaga kesehatan. Data sementara dari Dinkes setempat ada sekitar 3.233 nakes bakal mendapat vaksinasi awal tersebut.