Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua di Kulonprogo Ditargetkan Mulai Maret

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto
04 Februari 2021 06:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :


Harianjogja.com, KULONPROGO-- Vaksinasi Covid-19 tahap kedua untuk petugas pelayanan publik di Kulonprogo ditargetkan bisa terlaksana pada Maret 2021. Saat ini gugus tugas setempat masih melakukan pendataan terkait jumlah dan kriteria petugas yang mendapat imunisasi tersebut.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Baning Rahayujati mengatakan saat ini pihaknya masih berfokus menyelesaikan vaksinasi Covid-19 tahap pertama untuk tenaga kesehatan, yang ditargetkan bisa kelar pada minggu ke empat Februari. Untuk tahap kedua vaksinasi yang menyasar petugas pelayanan publik dilangsungkan setelah vaksinasi pertama selesai.

"Terkait kuota dan jenis petugasnya belum ya, masih proses, sebab kami sedang berfokus menyelesaikan tahap pertama dulu," ujar Baning saat dihubungi Harianjogja.com, Rabu (3/2/2021).

Baca juga: Petugas BPBD DIY Terinfeksi Covid-19, Kantor Ditutup Sementara

Disinggung mengenai perkiraan jumlah penerima vaksin di tahap kedua, Baning juga belum bisa membeberkan. Namun berdasarkan hasil pendataan Gugus Rugas setempat, ada sekitar 200.000 warga Kulonprogo berusia 18-59 tahun yang masuk dalam kriteria penerima vaksin ini, dengan prioritas pertama adalah tenaga kesehatan, disusul aparat keamanan, petugas pelayanan publik, guru, ASN, peserta BPJS PBI, baru kemudian warga usia produktif yang tidak memiliki penyakit komorbid.

Untuk saat ini Kulonprogo masih melakukan vaksinasi tahap pertama untuk nakes. Total ada 3.499 nakes yang menerima vaksin. Pelaksanaan vaksinasi sendiri dilakukan di 21 puskesmas, dua rumah sakit rujukan yaitu RSUD Wates dan RSUD Nyi Ageng Serang Sentolo serta satu klinik Bhayangkara Kulonprogo.

Setelah vaksinasi untuk nakes rampung, dilanjutkan pemberian vaksin kepada petugas pelayanan publik dan lansia yang rencananya berlangsung pada Maret 2021. Kemudian secara bertahap vaksinasi menyasar masyarakat umum mulai April 2021 dan ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.