Cara Alfamart Menjaga Kemitraan Lama dengan Insan Pers

Regional Manager Corporate Communication Alfamart Firly Firlandi (kanan) secara simbolis memberikan bingkisan tali kasih kepada salah seorang pekerja media di acara peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang digelar di Kantor Harian Jogja, Selasa (9/2 - 2021). Pada tahun ini Harian Jogja menggandeng beberapa pihak di antaranya BPJS Kesehatan, Danone Indonesia, Alfamart, dan JNE.
09 Februari 2021 14:02 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Alfamart dan insan pers merupakan mitra yang sudah berjalan sejak lama. Hal ini diungkapkan oleh Corporate Communication Manager Alfamart Firli Firlandi dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021.

Firli mengungkapkan, apabila Alfamart sedang berbahagia, insan pers juga perlu merasakan kebahagiaan. “Ingin membahagiakan teman-teman media, yang sudah lama menjadi mitra kami,” kata Firli dalam acara Tali Kasih HPN 2021 dengan tema Sinergi Media Massa dan Masyarakat Melawan Covid-19 di Kantor Harian Jogja, Selasa (9/2/2021).

Dalam acara ini, Alfamart, JNE, dan Danone Indonesia memberikan penghargaan berupa materi kepada beberapa wartawan yang terdampak Covid-19. Hadir pula dalam acara ini, Kepala Cabang JNE Jogja Adi Subagyo. Dia menyampaikan kegiatan berbagi merupakan pesan dari pendiri JNE, Soeprapto Suparno.

“Berbagi merupakan nilai dasar kami. Ini momentum merayakan HPN. Teman-teman pers merupakan bagian dari bisnis kami. Tanpa pers dan media, JNE tidak bisa dikenal oleh masyarakat,” kata Adi.

Dalam memperbesar brand JNE di Indonesia, Adi mengakui pers punya kontribusi di dalamnya. Ke depannya, dia ingin menjaga silaturahmi dan komunikasi dengan teman-teman pers. “Harapan ke depan, JNE dan insan pers dan teman-teman media bisa berkolaborasi. Tidak hanya dalam bisnis, tapi juga hal lain,” kata Adi.

Sementara itu, Communication Director Danone Indonesia Arif Mujahidin menyatakan pers merupakan mitra strategis. Danone Indonesia dengan visi One Planet One Health perlu mentransfer semangat baik ini. Salah satu poin utamanya bahwa kesehatan dari masyarakat memiliki keterkaitan dengan kesehatan planet kita.

Arif juga menyatakan pers merupakan sumber literasi dan informasi bagi masyarakat. Terlebih di masa pandemi ini, saat mobilitas masyarakat terbatas, kebutuhan informasi melalui media sosial dan lainnya kian meningkat.

“Di masa informasi mengalir begitu deras, yang sering dianggap sebagai tsunami informasi, masyarakat memerlukan petunjuk untuk memperoleh sumber informasi yang kredibel dan dipercaya,” kata Arif saat dihubungi secara.

Saat-saat seperti ini, pers bisa memainkan peran penting. Sumbangsih pers di masa pandemi sangat besar. “Tidak hanya dalam mendukung kampanye edukasi pencegahan penularan melalui penerapan protokol kesehatan, tapi juga dalam mengimbangi dan memberantas hoaks khususnya di bidang kesehatan,” kata Arif.

Kerja sama antara Alfamart, JNE, dan Danone Indonesia dalam berbagi dengan insan pers merupakan bentuk sinergitas. Sinergi ini menjadi penting, terlebih banyak insan pers yang juga terdampak dengan adanya pandemi Covid-19 saat ini.

Pemimpin Redaksi Harian Jogja Anton Wahyu menyatakan HPN sebagai hari yang baik untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat, khususnya bagi insan pers yang ada di Jogja. “Bagaimana caranya kami sama-sama melakukan sesuatu. [Kali ini] kami menggandeng teman-teman kami, Alfamart, JNE, dan Danone Indonesia untuk bersama-bersama melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi insan pers dan masyarakat pers di Jogja,” kata Anton.

Anton berharap kegiatan ini bisa berlanjut ke depannya. “Ini bisa jadi merupakan langkah awal, bisa jadi nantinya, mungkin memfasilitasi terkait vaksin misalnya,” kata Anton yang juga merupakan Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia Jogja.