Advertisement

Pemeriksaan Acak di Hargodumilah, 35 Pengendara Jalani Rapid Tes Antigen

David Kurniawan
Jum'at, 12 Februari 2021 - 14:27 WIB
Nina Atmasari
Pemeriksaan Acak di Hargodumilah, 35 Pengendara Jalani Rapid Tes Antigen Petugas dari Polres Gunungkidul dan Dinas Perhubungan melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan luar DIY di pintu masuk di Kapanewon Patuk, Jumat (12/2/2021). - Ist/dok Dishub Gunungkidul

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Puluhan kendaraan dari luar Gunungkidul mengikuti pemeriksaan identitas hingga pelaksanaan rapid tes. Meski demikian, dari hasil tes para pengendara masih diperbolehkan melanjutkan perjalanan.

Kepala Seksi Pengendalian dan Operasi, Dinas Perhubungan Gunungkidul, Bayu Susilo Aji mengatakan untuk wilayah Gunungkidul tidak ada pos khusus untuk pemeriksaan kendaraan luar DIY. Pasalnya, pos pemeriksaan hanya ada di Temon, Kulonprogo, Tempel dan Prambanan di Kabupaten Sleman.

Advertisement

Meski demikian, sambung dia, untuk pemeriksaan tetap dilakukan secara random di wilayah perbatasan seperti Patuk, Ponjong, Semin hingga Ngawen. “Hari ini pemeriksaan dilakukan di Hargodumilah di Patuk. Kebetulan disana juga ada pos pengamanannya,” kata Bayu kepada Harianjogja.com, Jumat (12/2/2021).

Baca juga: Gunakan Hasil Rapid Antigen Palsu, 18 Penumpang Pesawat Palu-Jakarta Gagal Terbang

Ia menjelaskan, pemeriksaan tidak hanya dengan memeriksa identitas pengendara, namun juga meminta hasil tes rapid antigen, khususnya yang berasal dari zona merah. Apabila tidak membawa hasil rapid tes, maka akan dilakukan rapid di lokasi pemeriksaan. “Kami bekerjasama dengan tim Biddokkes Polres dan Polda DIY,” ungapnya.

Menurut dia, di pos Hargodumilah sejak pukul 09.00-11.00 WIB ada 35 pengendara diminta melakukan rapid tes antigen di tempat. Meski demikian, hasil dari pemeriksaan dinyatakan negatif dan diperbolehkan meneruskan perjalanan. “Ini masih data sementara. Kalau memang nanti ada yang reaktif maka diminta balik arah dan melakukan isolasi mandiri,” katanya.

Ditambahkan Bayu, pemeriksaan akan dilakukan secara acak di wilayah perbatasan seperti Semin, Ponjong hingga Ngawen. Selain itu, di kawasan wisata juga akan ada pengecekan selama libur imlek berlangsung. “Kami akan terus lakukan patroli,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement