Bupati 3 Kabupaten di DIY Dilantik Jumat Pekan Ini

Ilustrasi - Freepik
24 Februari 2021 15:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Bupati dan wakil bupati terpilih dalam Pilkada 2020 di Sleman, Bantul dan Gunungkidul akan dilantik oleh Gubernur DIY pada Jumat (26/2/2021). Pelantikan akan dilakukan secara daring.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji, telah mengikuti rapat virtual dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang pelantikan pemimpin daerah, Rabu (24/2/2021).

BACA JUGA: Imbas Pandemi, Warga Jogja Ramai-Ramai Jual Perabot ke Pasar Klitikan

"Jadi sudah ada informasi dari Mendagri bahwa pelantikan [bupati dan wakil bupati terpilih] dilakukan pada 26 Februari," kata Aji, sapaan akrabnya.

Pelantikan akan dilakukan secara daring oleh Gubernur DIY di Jogja. Di samping itu undangan yang boleh hadir, maksimal 25 orang untuk mencegah penyebaran Covid-19

"Pelantikan oleh gubernur di sini, tapi teknis [pelantikan] calonnya itu apakah di sini [Jogja] atau di kabupaten masing-masing masih dirapatkan, tapi yang jelas sebagian besar undangan tidak di sini," ujarnya.

Bupati dan wakil bupati terpilih dalam Pilkada 9 Desember 2020 di tiga daerah di DIY itu adalah Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa (Sleman), Abdul Halim Muslih-Joko B Purnomo (Bantul) dan Sunaryanta dan Heri Susanto (Gunungkidul).