Advertisement

Pagi Ini, Sultan HB X Lantik 3 Bupati Terpilih

Jalu Rahman Dewantara
Jum'at, 26 Februari 2021 - 05:57 WIB
Sunartono
Pagi Ini, Sultan HB X Lantik 3 Bupati Terpilih Gubernur DIY, Sri Sultan HB X,s aat ditemui wartawan di Kantor Gubernur DIY, Kamis (21/1/2021). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur DIY Sri Sultan HB X dijadwalkan melantik bupati dan wakil bupati terpilih Sleman, Bantul dan Gunungkidul, di Bangsal Kepatihan Jumat (26/2/2021). Proses pelantikan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hanya 25 orang yang boleh mengikuti prosesi itu secara langsung.

Kepala Biro Tata Pemerintahan (Tapem) Setda DIY Sugeng Purwanto mengatakan 25 orang itu meliputi pasangan bupati-wabup terpilih, gubernur DIY selaku pimpinan daerah yang melantik dan tamu undangan. Pembatasan jumlah peserta ini berdasarkan anjuran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang disampaikan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Ditjen Otda) dalam rapat online dengan daerah penyelenggara Pemilu 2020, Rabu (24/2/2021).

Advertisement

BACA JUGA : Jelang Pelantikan Bupati, Halim-Joko Tak Ada

"Anjuran dari Pak Menteri [Mendagri] melalui Ditjen Otda itu awalnya kita memang sama sekali tidak boleh luring, jadi harus daring. Tetapi kemarin ada pengarahan dari Menteri, selama bisa ketat, untuk yang dihadirkan tidak lebih dari 25 orang, termasuk yang lantik, itu masih dimungkinkan," kata Sugeng, kepada wartawan di Komplek Kepatihan, Jogja, Kamis (25/2/2021).

"Kalau provinsi lain kan ada yang 14 kabupaten, jadi kan susah, mau gak mau harus daring. Kalau kita karena hanya tiga kabupaten yang dilantik, kemudian yang nglantik, tamu dan sebagainya, maksimal hanya 25 kita masih bisa," katanya.

Sugeng mengatakan bagi tamu yang biasanya diundang pelantikan seperti Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) di masing-masing kabupaten tetap bisa menyaksikan prosesi acara melalui daring. Nantinya detik-detik pelantikan akan disiarkan secara live streaming.

BACA JUGA : Jelang Pelantikan Bupati, Halim-Joko Tak Ada Persiapan

"Kalau yang pelantikan besok terpusat di sini [Bangsal Kepatihan], cuma kalau di kabupaten ada Forkominda, mengikuti proses secara online di lokasi masing-masing," jelasnya.

Lebih lanjut Sugeng menjelaskan pelantikan proses pelantikan akan dilangsungkan mulai pukul 09.00 WIB. Ditargetkan proses tersebut rampung dalam dua jam. "Arahan umum tidak lebih dari dua jam, apalagi besok kan hari Jumat, jadi katakanlah kalau mulai jam 09.00 WIB ya jam 11.00 WIB udah selesai," ujarnya.

Sugeng memastikan proses pelantikan nantinya bakal menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Setelah seluruh pasangan bupati-wabup, gubernur dan tamu undangan masuk ke lokasi acara, gerbang menuju Bangsal Kepatihan bakal langsung ditutup. Ini untuk mencegah adanya kerumunan massa pendukung bupati-wabup terpilih memasuki area pelantikan.

Untuk diketahui bupati dan wabup terpilih dalam Pemilu 9 Desember 2020 di tiga daerah di DIY yang akan dilantik itu adalah Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa (Sleman), Abdul Halim Muslih-Joko B Purnomo (Bantul) dan Sunaryanta dan Heri Susanto (Gunungkidul).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement