Esok Hari, Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi di Jogja

Presiden Jokowi seusai berolahraga di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu (13/12/2020). - ANTARA/Biro Pers Setpres
28 Februari 2021 10:57 WIB Jalu Rahman Dewantara Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meninjau proses vaksinasi Covid-19 bagi pelaku usaha di kawasan Malioboro, Kota Jogja, Senin (1/3/2021). Untuk mengantisipasi kerumunan, personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan disiagakan di lokasi peninjauan.

"Nanti Satpol PP kota [Kota Jogja] dan provinsi yang akan mengantisipasinya," kata Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji, Sabtu (27/2/2021).

Personil Satpol PP itu akan diterjunkan di dua lokasi vaksinasi yang ditinjau Jokowi yakni di Pasar Beringharjo dan Kawasan Benteng Vredeburg. Penjagaan di dua lokasi itu juga melibatkan unsur kepolisian dan TNI.

Baca juga: Bantul Berlakukan Tes PCR Bagi Semua Kontak Erat Kasus Positif

Selain vaksinasi, Jokowi juga dijadwalkan meninjau pemakaian GeNose C19 di Stasiun Tugu. Setelah itu menaiki kereta rangkaian listrik (KRL) ke Solo. KRL yang baru sebulan dioperasikan ini menjadi pengganti kereta rangkaian diesel (KRD) Prambanan Eskpress (Prameks) yang melayani rute Solo-Yogyakarta.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie mengatakan vaksinasi di kawasan Malioboro akan diikuti oleh 19.897 jiwa, terdiri dari 8.144 pedagang Pasar Beringharjo dan sekitarnya, 2.600 masyarakat sekitar Malioboro dan Alun-alun Utara, serta 9.153 pegawai toko yang ada di kawasan Malioboro. Adapun lokasi vaksinasi di Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg, dan Taman Parkir Abu Bakar Ali, Jogja.

"Target kita vaksinasi ini selesai dalam waktu enam hari," kata Pembajun.

Pelaksanaan vaksinasi itu akan melibatkan 280 vaksinator yang diambil dari beberapa fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) di Kota Jogja.