Menkes RI Dijadwalkan Kunjungi Sejumlah Faskes di Bantul

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin/Antara
28 Februari 2021 20:57 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Kabupaten Bantul dipastikan menjadi salah satu pilot project (proyek percontohan) untuk akselerasi 3T, Testing (pemeriksaan), Tracing (penelusuran) dan Treatment (pengobatan) secara nasional dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Dengan demikian, diharapkan Bantul mampu menginisiasi daerah lain dalam peningkatan penemuan kasus Covid-19 dan mengobatinya.

“Akselerasi 3T secara nasional [Senin (1/3)] termasuk Bantul. Akan dipusatkan di wilayah Bambanglipuro dan Banguntapan untuk inisiasi akselerasi 3T, baik dengan rapid antigen, maupun dengan tes PCR," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul Agus Budiraharja, pekan lalu.

Sementara kepastian Bantul sebagai salah satu pilot percontohan untuk akselerasi 3T dibenarkan oleh Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bantul Sri Wahyu Joko Santosa.

Oki-panggilan akrab Sri Wahyu Joko Santosa bahkan mengatakan untuk mendukung inisiasi akselerasi 3T, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Senin (1/3) akan datang mengunjungi sejumlah fasilitas kesehatan di Bambanglipuro. Menkes akan meluncur ke Bantul setelah sebelumnya mendampingi Presiden Joko Widodo yang berkunjung ke Pasar Beringharjo.

Rencananya, Menkes akan langsung mengunjungi Puskesmas Bambanglipuro, sebelum nantinya ke Selter Covid-19 Semaul dan Selter Kalurahan Sumbermulyo serta RS Lapangan Khusus Covid-19. “Sebelum pulang bertolak ke Jakarta, beliau akan mengunjungi Kalurahan Sumbermulyo,” kata Oki.

Lurah Sumbermulyo, Ani Widayani mengakui jika akan ada kunjungan dari Menkes ke tempatnya. Di Sumbermulyo, Menkes dijadwalkan selter kalurahan. “Iya, rencananya seperti itu,” ucap Ani.