Layanan Imigrasi Eazy Passport Mudahkan Warga

Salah satu pemohon paspor mengikuti proses entri data pada layanan Eazy Passport, di Polda DIY, Selasa (9/3/2021).-Harian Jogja - Lugas Subarkah
09 Maret 2021 18:57 WIB Lugas Subarkah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Guna mempermudah pembuatan paspor di masa pandemi Covid-19, Kantor Imigrasi Jogja menggalakkan layanan Eazy Passport pada sejumlah instansi, salah satunya Polda DIY, pada Selasa (9/3/2021).

Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Jogja, Sigit Jatmiko, menuturkan pada pelaksanaan Eazy Passport di Polda DIY, sebanyak 50 orang mengajukan permohonan baik paspor baru maupun penggantian paspor.

"Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan bekerja sama dengan baik tercapai. Kedepan Kantor Imigrasi Jogja sesuai rencana setiap bulan akan menggelar Eazy Passport. Tempat yang dituju akan kami sosialisasikan kembali," katanya.

Sebelum hari pelaksanaan, Kantor Imigrasi Jogja terlebih dahulu berkoordinasi dengan Polda DIY terkait jumlah peserta, tempat yang akan dipakai dan persyaratan. Untuk dapat menggelar Eazy Passport, peserta dibatasi minimal 50 orang.

Eazy Passport kata dia, tidak terbatas pada instansi pemerintah namun bisa juga kepada perusahaan, kampus atau komunitas yang mengajukan permohonan. "Akan kami survei jumlahnya pemohonnya berapa dan dikoordinasikan pelaksanaanya," katanya.

Kemudian proses entri data dan pengambilan foto akan dilakukan di lokasi pengaju permohonan. Sementara untuk pembayaran tetap melalui bank atau transfer dan proses pencetakan passport tetap di Kantor Imigrasi.

"Eazy Passport menjadi inovasi kami dalam masa pandemi Covid-19, memudahkan masyarakat mengajukan permohonan passport karena mungkin masyarakat untuk datang ke Kantor Imigrasi agak takut atau kesulitan antre online," ungkapnya.

Salah satu peserta Eazy Passport Polda DIY, Ketua Bhayangkari Polda DIY, Dhani Asep Suhendar, mengatakan Eazy Passport sangat memudahkan pemohon. "Tidak menyulitkan, tidak berbelit-belit. Ini menjadi inovasi yang bagus," katanya.