Membanggakan, DPMPT Kulonprogo Raih Predikat Pelayanan Prima

Kepala DPMPT Kulonprogo, Agung Kurniawan (kiri) saat menerima piagam penghargaan di Hotel The Ritz Charlton SCBD, Jakarta, Selasa (9/3/2021). - Istimewa
09 Maret 2021 20:12 WIB Yudhi Kusdiyanto Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Kinerja pelayanan publik yang dilakukan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kulonprogo mendapatkan apresiasi tinggi. Dari hasil evaluasi pelayanan publik 2020 yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), DPMPT Kulonprogo meraih predikat Prima atau nilai terbaik (A).

Penyerahan penghargaan digelar di Hotel The Ritz Charlton SCBD, Jakarta, Selasa (9/3/2021). Piagam penghargaan diberikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo dan diterima langsung oleh Kepala DPMPT Kulonprogo, Agung Kurniawan.

Dalam sambutannya, Tjahjo mengungkapkan bahwa pelayanan publik yang prima menjadi titik utama untuk menggerakkan perekonomian daerah, iklim investasi dan lainnya. "Predikat Prima merupakan bukti komitmen kepala daerah untuk mengembangkan pelayanan publik, bagaimana mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat, perizinan, termasuk berbagai kemudahan, baik pendatang maupun warga agar mendapatkan pelayanan terbaik dari aparatur pemerintah,” kata Tjahjo seperti dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Selasa.

Deputi Pelayanan Publik Kemenpan-RB, Diah Natalisa menyampaikan terdapat 33 provinsi dan 221 kabupaten/kota yang dinilai. Penilaian evaluasi pelayanan publik meliputi enam aspek, yakni kebijakan pelayanan, profesionalisme sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan dan inovasi pelayanan.

Adapun penghargaan yang diterima oleh DPMPT Kulonprogo ini merupakan yang ketiga kalinya. Sebelum mendapatkan predikat Prima, DPMPT Kulonprogo pada dua tahun sebelumnya berturut-turut mendapatkan penghargaan predikat sangat baik (A-).

Kepala DPMPT Kulonprogo, Agung Kurniawan mengatakan penghargaan tersebut menjadi tambahan semangat bagi jajarannya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Penghargaan ini menjadi penyemangat bagi kami dalam meningkatkan kualitas pelayanan, sekaligus untuk memperbaiki pelayanan agar lebih baik,” katanya.

Bupati Kulonprogo, Sutejo mengapresiasi atas penghargaan yang diraih DPMPT di bidang pelayanan publik. Menurutnya, penghargaan itu merupakan buah kerja keras jajaran terkait dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Sudah menjadi kewajiban bagi Pemkab Kulonprogo selaku pelayan publik untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, salah satunya inovasi Mal Pelayanan Publik (MPP) dan perizinan terintegrasi secara elektronik,” kata Sutedjo.