Sorosutan Diguyur Hujan Es, Warga Kaget

Hujan es mengguyur kawasan Sorosutan, Umbulharjo, Kota Jogja, Rabu (10/3/2021). - ist/dok warga
10 Maret 2021 15:47 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Warga Sorosutan, Umbulharjo, Kota Jogja dibuat kaget karena wilayah setempat diguyur hujan es, Rabu (10/3/2021) sore. Hujan es yang jatuh menimpa rumah-rumah penduduk itu berukuran kira-kira sebesar kelereng. 

Agus Susanto, 50, salah satu warga Pakel Rejo RT 8 RW 2 Sorosutan, Umbulharjo mengatakan hujan es terjadi sekitar pukul 15.00 WIB, tepatnya saat adzan shalat azhar berkumandang. 

"Hujannya itu deras tapi tidak pakai angin. Tiba-tiba dengar pating kemlotak di atap garasi saya, ternyata begitu saya lihat ternyata hujan es. Lalu [es] saya ambili dan saya foto ini tadi," katanya kepada Harianjogja.com melalui sambungan telepon, Rabu. 

Ia mengaku baru pertama kali menyaksikan hujan es sehingga kaget dengan kejadian itu karena suara berisik yang ditimbulkan. 

"Kalau kerusakan di rumah saya tidak ada. Kalau yang rumah lain kurang tahu karena saat ini masih hujan deras dan warga juga masih di dalam rumah masing-masing," tuturnya. 

Fenomena hujan es bukan kali pertama terjadi di DIY. Pada 3 Maret 2021 lalu, hujan es terjadi di daerah Tugu Jetis Jogja. Kemudian sebelumnya pada 2 Maret 2021 di Bangunkerto, Turi, Sleman dan pada 27 Februari 2021 di Bimomartani, Ngemplak, Sleman dan juga Argomulyo, Cangkringan.