Siloam Hospitals Yogyakarta Tambah Kamar Isolasi Covid-19 Bertekanan Negatif

SUasana peresmian kamar inap isolasi di Siloam Hospitals Yogyakarta yang dibuka dan diresmikan langsung oleh CEO Siloam Hospitals Yogyakarta, Ibu Siti Nurtata Rizki beserta jajaran Direksi lainnya, Rabu (10/3/2021). - Ist/Siloam
10 Maret 2021 15:57 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Penyebaran Covid-19 saat ini terus melonjak dengan cepat setiap hari. Adapun konfirmasi positif di DIY mencapai angka 28.749 kasus per tanggal 5 Maret 2021 dan bertambah sebayak 175 kasus dalam satu hari, salah satunya di area  Kota Jogja kasus yang dirawat sebanyak 2.138 pasien. Peningkatan ini pun akan secara signifikan berdampak pada ketersediaan tempat tidur isolasi di beberapa RS yang semakin terbatas.

Siloam Hospitals Yogyakarta sebagai salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 berkomitmen terus melakukan peningkatan infrastruktur dan pengembangan saran prasarana penunjang sesuai dengan standar khusus ruangan isolasi dengan menyediakan tambahan 32 tempat tidur dan ruangan bertekanan negatif khusus bagi ruangan pasien Covid-19 yang terletak di lantai 6. Peresmian kamar inap isolasi ini dibuka dan diresmikan langsung oleh CEO Siloam Hospitals Yogyakarta, Siti Nurtata Rizki beserta jajaran Direksi lainnya pada tanggal 10 Maret 2021 di Siloam Hospitals Yogyakarta.

Adapun ruangan isolasi ini bertekanan negatif digunakan agar tidak terjadi penularan virus melalui udara dimana udara dari dalam ruang isolasi tidak mengontaminasi udara luar. Pada lantai ini telah dilengkapi dengan jalur khusus pasien Covid-19 di lantai 7 dengan total 15 beds dilengkapi dengan 2 ICU berventilator. Total keseluruhan tempat tidur isolasi Covid-19 yang tersedia di Siloam Hospitals Yogyakarta sebanyak 47 tempat tidur.

Penambahan kapasitas ruangan dan tempat tidur ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Siloam Hospitals Yogyakarta yang telah didedikasikan sebagai rumah sakit penanganan COVID-19 di Kota Jogja. Hingga saat ini, untuk kamar COVID-19 tengah menangani sekita 13 pasien, dengan dua diantaranya dengan layanan intensif (penggunaan ventilator).

Menjadi salah stau rumah sakit rujukan Covid-19, Siloam Hospitals memiliki komitmen “Safe and Clean Hospitals” dimana menerapkan pemisahan akses jalur masuk ke rumah sakit yang covid-19 dan non covid-19 yaitu dengan melakukan screening sebelum masuk ke rumah sakit serta pengecekan suhu tubuh menggunakan thermal camera sehingga pasien tidak perlu khawatir dengan akses utama yang sudah aman. Selain itu, dilakukan pembersihan area pubik pembatasan jarak duduk dan tunggu antar pasien dengan dokter dan dilakukan tes covid setiap minggu bagi  staf dan tenaga medis.

Siloam Hospitals Yogyakarta juga mengeluarkan paket kamar isolasi dengan harga terjangkau bagi para pasien OTG atau Gejala Ringan yang membutuhkan perawatan di rumah sakit, salah satunya paket isolasi per hari senilai Rp 988.000,- dan paket isolasi 7 ahri senilai RP 6500.000,- yang sudah termasuk dengan konsumsi selama berada di RS serta biaya kunjungan dokter umum dan spesialis yang terus memantau perkembangan dari pasien covid-19.

Demi turut meningkatkan kesembuhan pasien Covid-19, Siloam Hospitals Yogyakarta juga menjadi salah satu fasilitas kesehatan yang memberikan layanan vaksinasi covid-19 bagi yang telah terdaftar di  pedulilindungi.id dan warga Jogja.(ADV)