8 Desa Budaya Tampil dalam Selasa Wagen

Penampilan Jatilan Kreasi dari Kalurahan Margodadi, Sleman di Pentas Desa Budaya Selasa Wagen 2021 di Ruang Bima, Dinas Kebudayaan atau Kundha Kabudayan DIY, Selasa (9/3/2021). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
12 Maret 2021 03:27 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak delapan desa budaya di DIY tampil dalam pembukaan Pentas Desa Budaya Selasa Wagen 2021 di Ruang Bima, Dinas Kebudayaan (Disbud) atau Kundha Kabudayan DIY, Selasa (9/3/2021).

Pentas Budaya Selasa Wagen 2021 itu diawali dengan doa bersama dan dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Plt Kepala Disbud DIY, Sumadi. Turut hadir dalam kegiatan tim monitoring dan evaluasi desa budaya, budayawan serta para seniman.

"Saat ini memang masih dalam suasana pandemi, tetapi bagaimana pun kita harus tetap menjaga semua inovasi dan kreativitas seni agar terus berjalan," kata Sumadi saat membuka kegiatan tersebut, Selasa sore.

Sumadi menjelaskan kegiatan kali ini mengusung tema Cancut Taliwanda yang memiliki arti segera berangkat mengerjakan tugas. Secara filosofis, tema ini bermakna ajakan untuk bekerja sama dengan segenap kemampuan yang dimiliki dan tidak hanya berpangku tangan.

"Sesuai dengan tema ini, kita harus tetap semangat dan bekerja keras menghadapi semua persoalan di masa pandemi Covid-19," jelas Sumadi.

Adapun dalam kegiatan ini menampilkan pelbagai kesenian tradisional dari delapan desa budaya meliputi Kalurahan Margodadi, Sleman dengan Jatilan Kreasi; Kelurahan Dlingo, Bantul, menampilkan Ketoprak; Bangunjiwo, Bantul Seni Rodat; Bangunkerto, Sleman, Kubrosiswo; Banjarharjo, Kulonprogo, Tari Topeng Ireng; Jatimulyo, Kulonprogo, Tari Dolangguk; Semin, Gunungkidul, Pringganthing dan Jeruk Wudel, Gunungkidul Jatilan.

Karena digelar di tengah suasana pandemi, kegiatan tetap menyesuaikan protokol kesehatan. Lokasi acara hanya boleh diisi oleh penampil dengan tetap menjaga jarak dan tidak berkerumun. Masyarakat dapat menyaksikan acara ini lewat channel Youtube Disbud DIY, yaitu Taste of Jogja Disbud DIY.

Kepala Seksi Lembaga Budaya, Disbud DIY, Endang Widuri mengatakan Pentas Budaya Selasa Wagen tahun ini akan digelar sebanyak enam kali, yakni pada Maret, Juni, Juli, Agustus, Oktober dan November. Setiap kegiatan menghadirkan delapan sampai sembilan desa budaya. "Karena di DIY kan ada 56 desa budaya, jadi untuk penyelenggaraannya nanti bergilir sampai seluruhnya bisa tampil," kata Endang.

Melalui kegiatan yang rutin digelar setiap tahunnya ini, Disbud DIY berupaya mempromosikan desa budaya agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. Kegiatan ini juga jadi wadah bagi desa budaya untuk menampilkan potensi seni budaya dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mereka.

"Ya selain seni budaya, juga akan ditampilkan produk-produk kerajinan seperti misalnya batik dan sebagainya," ucap Endang. (ADV)