Pemkot Jogja Klaim PPKM Mikro Efektif Turunkan Kasus Covid-19

Wakil Walikota Jogja, Heroe Poerwadi, mencoba mengisi sensus online, Senin (9/3/2020). - Ist/Dok
15 Maret 2021 18:17 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi mengklaim kebijakan pengetatan secara terbatas kegiatan masyarakat atau PPKM berskala mikro cukup efektif menurunkan kasus Covid-19. Sehingga diharapkan PPKM berskala mikro ini terus diperpanjang dan menjadi kebiasaan masyarakat dalam beaktifitas sehari hari.

“PPKM sampai saat ini cukup efektif karena membatasi sampai mikro, pasti kalau ada kasus [positif Covid-19] kasusnya sangat kasuistik di wilayah tertentu,” kata Heroe, Senin (15/3/2021).

BACA JUGA: Curiga Presiden Ingin Perpanjang Jabatan, Amien Rais Diperingatkan Istana

Dia mencontohkan dua pekan lalu kasus mingguan rata-rata hanya 105 kasus, kemudian minggu lalu turun menjadi 102 kasus, “Minggu ini harapannya bisa turun lagi,” ucap Heroe.

Heroe meminta masyarakat menjadikan kebijakan PPKM berskala mikro menjadi pola hidup baru dan bukan menjadi beban dalam beaktifitas sehari-hari. Disinggung soal kasus Covid-19 selama libur Isra Mikraj, Heroe mengaku belum bisa diketahui dan baru bisa diketahui setelah dua pekan ke depan sesuai masa inkubasi virus corona.