Dukung Proyek Borobudur Highland, Pemda DIY Siapkan Transportasi

Peta wilayah koordinatif Badan Otorita Borobudur (BOB) di DIY dan Jawa Tengah. / Ist. - dok.BOB
19 Maret 2021 03:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Pemda DIY dipastikan ambil bagian dalam program pengembangan Borobudur Highland. Salah satunya dengan rencana menghadirkan moda transportasi wisata untuk mengakomodasi masyarakat yang hendak berkunjung di destinasi tersebut.

"Pak Gubernur punya komitmen untuk mendukung itu [pengembangan Borobudur Highland]. Misalnya nanti ada tempat-tempat rest area menuju ke Borobudur dan seterusnya. Kita juga siapkan jalur kereta wisata atau bus yang langsung ke Borobudur. Gubernur ada komitmen itu," kata Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji, Kamis (18/3/2021).

Aji mengatakan hampir sebagian besar perjalanan wisata ke Borobudur melewati Jogja. Bukan hanya dari Kota Jogja saja, tapi juga bisa melaui jalur bedah menoreh yang menghubungkan Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kulonprogo ke kawasan tersebut.

Baca juga: Kejar Sekolah Tatap Muka, Vaksinasi Seluruh Guru di Jogja Ditarget Kelar Juni 2021

"Karena itu DIY selama ini dilibatkan dalam rangka pengembangan daerah-daerah pariwisata prioritas yang ada di Indonesia khususnya kita terlibat untuk Borobudur bersama Jawa Tengah," ujar Aji.

"Hari ini kita juga ada pertemuan dengan menteri [Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif] dalam rangka membicarakan apa saja yang harus disiapkan baik oleh pemerintah pusat maupun daerah, supaya keterpaduan pengembangan destinasi wisata prioritas Borobudur bisa disupport bukan hanya oleh Jawa Tengah tapi juga DIY. Karena wilayahnya yang harus dilewati lebih banyak di Jogja untuk ke Borobudur," sambungnya.

Dengan penyediaan angkutan wisata, diharapkan dapat memudahkan aksesbilias masyarakat yang ingin berkunjung ke kawasan Borobudur termasuk pengembangan Borobudur Highland.

Baca juga: Konsultan: 70 Persen Karyawan Berkinerja Tinggi dengan Bekerja dari Rumah

"Yang dari Kota Jogja maupun yang baru turun dari bandara [YIA] bisa langsung terakomodasi ke sana [Borobudur]," ujarnya.

Aji mengatakan kehadiran transportasi wisata juga untuk mengakomodasi wisatawan dari kawasan Borobudur yang ingin berwisata di DIY. "Biar nginapnya bisa di Jogja," kata dia.

Disinggung kapan rencana itu bisa terealisasi Aji menyatakan pada 2023. "Target kami 2023 sudah selesai," ujarnya.