Pengamen Bangjo Pingit Pakai Sound System Mewah, Warganet: Benar-Benar Menghibur

Tangkapan layar video pengamen di Jogja yang menggunakan alat pengeras suara. - Instagram @jogja24jam
23 Maret 2021 13:17 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Banyak cara dilakukan pengamen jalanan untuk menarik perhatian pengendara motor dan mobil agar mau menyisihkan uang untuk mereka. Selain dengan menari-nari menggunakan boneka karakter, menyanyi diiringi alat musik angklung, belakangan ini muncul pengamen akustik lengkap beserta alat sound system layaknya manggung di cafe. 

Akun Instagram @jogja24jam belum lama ini membagikan sebuah video dari @wonderfulljogja, tentang sekelompok pengamen jalanan yang beraksi di pinggir jalan. Namun tidak dijelaskan dimana lokasinya. Meski demikian banyak warganet yang mengira jika pengamen itu berada di simpang empat Pingit, Kota Jogja.

Para pengamen itu tampak berbagi tugas. Satu orang memainkan gitar elektrik sekaligus menyanyi, sementara yang lain berkeliling untuk menerima uang recehan dari pengendara motor.

Menariknya, pengamen itu menyanyi menggunakan mikrofon yang langsung tersambung ke alat pengeras suara atau sound system. Biasanya, alat pengeras suara seperti itu dipakai dalam acara-acara resmi, tetapi kali ini mereka menggunakannya untuk menghibur para pengendara di jalanan. Gitarnya pun juga terlihat tidak murahan.

Dengan penampilan mereka yang menggunakan alat pengeras suara itu, pengendara yang berhenti di barisan paling belakang bisa mendengar suara merdu sang pengamen.

"Terniatttt.... Ada yang tau ini di bangjo mana? Yang lamanya bisa ditinggal ngopi dulu," tulis @jogja24jam. 

Tak berlama-lama, postingan itu langsung mendapat banyak respons dari warganet.

"Jelas... Bangjo pingit ini wkkwkwk," tulis @avidewanti.Di masyarakat Jogja, bangjo alias abang ijo adalah sebutan untuk traffic light.

"Pingit, suka emosi berhenti di sini bisa sampe ketiduran," timpal @ayoenlucia.

Warganet lain mengapresiasi aksi pengamen itu. "Ngamen yang bener2 bisa menghibur gini, ga tanggung2 le ngenehi [enggak tanggung-tanggung memberi uangnya]," tulis @denisulistiyanto.

"Masa depan tertunda di bangjo?," komentar @atikkiet.

"Pengamennya niat bgt, pke gitar cort 1,8 jt ," tulis @ang.linggom.

"Berasa lg di Eropa, bagus bgt sih, Bangjo Pingit Nagih Janji," tulis @tizna.p.

Sumber : Instagram