Advertisement

BMKG: Hari Ini, DIY dan Wilayah Lain di Pulau Jawa Hujan Lebat Disertai Petir

Newswire
Jum'at, 26 Maret 2021 - 10:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
BMKG: Hari Ini, DIY dan Wilayah Lain di Pulau Jawa Hujan Lebat Disertai Petir Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk beberapa daerah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai kilat dan angin kencang seperti sebagian besar wilayah Pulau Jawa, Jumat (26/3/2021). 

Sebagian besar Pulau Jawa yang memiliki potensi itu termasuk Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur.

Advertisement

Menurut prakiraan dari situs BMKG yang dikutip di Jakarta, Jumat, sirkulasi siklonik di Selat Karimata dan Samudera Pasifik di utara Papua membentuk daerah pertemuan kecepatan angin atau konvergensi.

Kondisi itu memanjang dari Kalimantan Utara sampai Kalimantan Barat, dari Semenanjung Malaya hingga Sumatera Barat, dari Laut Sulawesi hingga Sulawesi Tengah serta utara Papua hingga perairan utara Halmahera.

Baca juga: Pakar: Wacana Presiden 3 Periode Tak Perlu Ditanggapi Serius

Adanya konvergensi itu mampu meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Prakiraan BMKG wilayah berpotensi mengalami hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang untuk hari ini adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Lampung.

Selain itu kondisi yang sama juga diprakirakan terjadi di Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Baca juga: Bansos Tunai Cair Tiga Tahap, Cek di Situs Ini

BMKG juga memperingatkan beberapa daerah dapat mengalami dampak dari hujan lebat dari hari ini sampai Sabtu (27/3/2021) pagi besok dengan kategori waspada diberikan kepada Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan Utara.

Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan juga masuk dalam kategori waspada untuk risiko banjir akibat hujan lebat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelajar Meninggal saat Seleksi Paskibra Sempat Alami Kejang dan Mulut Keluar Busa

News
| Sabtu, 20 April 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement