Advertisement

Temui Sultan, Dubes Ceko Sempat Bertanya soal Pengawal Putri Kraton

Sunartono
Jum'at, 26 Maret 2021 - 20:47 WIB
Bhekti Suryani
Temui Sultan, Dubes Ceko Sempat Bertanya soal Pengawal Putri Kraton Kunjungan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Ceko ke Jogja-Antara - Humas Pemda DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Ceko untuk Republik Indonesia Jaroslav Dolecek melakukan kunjungan ke Kantor Gubernur DIY dan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Di Kraton, Dubes Ceko menanyakan berbagai hal tentang kraton dari sejarah hingga body guard atau pengawal putri kraton.

Cerita soal pertanyaan body guard atau pengawal tersebut diungkap oleh Penghageng Kawedanan Hageng Panitrapura Kraton Ngayogyakarta GKR Condrokirono. Menurutnya Jaroslav Dolecek sempat bertanya pendidikan atau tempat bersekolah putri-putri HB X atau putri Kraton Jogja.

Advertisement

“Menanyakan bagaimana dulu anak-anak bapak [putri dari HB X] apakah sekolah di sini. Lalu saya ceritakan kalau kami kuliah di luar negeri, kita mandiri,” ucap GKR Condrokirono, Jumat (26/3/2021).

Selanjutnya Jaroslav Dolecek pun menanyakan apakah selama kuliah di luar negeri selalu didampingi pengawal, GKR Condrokirono pun memberikan jawaban tidak menggunakan pengawal. Karena selalu dilatih untuk bertindak mandiri hingga mengangkat koper sendiri.

“Sempat menanyakan enggak pakai body guard. Saya bilang enggak, karena kita dilatih untuk mandiri. Kalau holiday ya sendiri, kita tidak pernah harus ada kunjungan embassy saat luar negeri, kita selalu sendiri, angkat koper sendiri,” katanya.

BACA JUGA: Rp9,9 Miliar Danais Digelontorkan untuk Pedestrian Jalan KH Ahmad Dahlan

Condrokirono menambahkan Dubes Ceko diberikan penjelasan terkait seluk beluk Kraton Jogja dengan mengunjungi sejumlah titik seperti Bangsal Kencono hingga Museum Batik. Kedatangan ke Kraton, murni dalam rangka wisata sehingga tidak ada bahasan khusus terkait kerja sama.

“Masuk ke kraton dijelaskan di tahun berapa, sudah berapa lama, kami menerangkan Bangsal Srimanganti itu apa, Bangsal Kencono itu untuk apa. Dia senang banget karena kebudayaan Jogja masih terpelihara, “ ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement